oleh

Diskop Telah Salurkan Bantuan Kepada UKM dan UMKM

TIMIKA – Selama masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Mimika, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Mimika telah menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada para pelaku UKM dan UMKM, yakni kepada 3100 pelaku UMKM yang tersebar di 5 pasar seperti Pasar Sentral, SP 2, SP 3, Bintuka dan Kwamki Narama.

“Bantuan sembako ini kita khususkan kepada pelaku usaha mikro informal yang berada di lima pasar ini, dan ini sudah kita salurkan semuanya mulai April kemarin dan semua berjalan baik,” kata Kepala Diskop dan UKM, Ida Wahyuni kepada Radar Timika, Rabu (29/7) lalu.

Selain sembako, Diskop dan UKM juga membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kepada para pedagang di pasar dan face shield kepada pedagang di rumah-rumah makan dan pedagang keliling. Bantuan seperti ini diberikan kata Ida untuk memberikan kenyamanan agar para pedagang yang selalu menemui orang yang berbeda-beda setiap harinya bisa terhindar dan bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dan juga agar pedagang bisa menjadi contoh terhadap para pengunjung agar tetap menggunakan masker atau face shield.

“Dimasa new normal ini harus tetap digunakan. Kita harus sama-sama berjuang untuk memutus penyebaran virus ini,” sebutnya.

Dan untuk tukang ojek, Diskop dan UKM juga telah menyerahkan APD berupa jaket, partisi dan sarung tangan kepada 350 tukang ojek yang diserahkan langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat peresmian Gedung Kantor Diskop dan UKM beberapa waktu yang lalu.

“Walaupun datanya itu ada sekitar 500 lebih tukang ojek tapi yang baru diakomodir itu sekitar 350. Itu ada keterwakilan dari masing-masing pos-pos ojek itu,” tuturnya.

Sementara untuk program pembelian sayur pedagang mama-mama Papua dari berbagai kampung yang dilakukan sejak awal pemberlakuan pembatasan sosial, sudah selesai pada Juni lalu.

“Pembelian sayur itu kita mulai dari Maret, April, Mei dan Juni. Itu empat bulan dan sudah selesai,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *