oleh

Banyak Bermunculan Media, Diskominfo Diminta Lakukan Pendataan Ulang

TIMIKA – Banyaknya bermunculan media-media di Mimika dengan pemberitaan yang dianggap bisa menimbulkan keresahkan di masyarakat, membuat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Robby Omaleng angkat bicara. Ia meminta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai dinas teknis untuk melakukan pendataan ulang terhadap semua media yang ada. Media yang diperbolehkan menerbitkan berita harus media yang memiliki kelengkapan dokumen sebagaimana yang wajib dimiliki oleh perusahaan media dan harus terdata.

Menurutnya, pemberitaan media tidak boleh membingungkan pembacanya. Media tidak boleh membuat berita yang bisa memunculkan polemik besar-besaran di kalangan masyarakat. Jika media-media tersebut tidak ditertibkan, maka pemberitaannya akan semakin membuat resah. Begitupun dengan status wartawannya juga harus jelas.

“Jadi saya berharap sekali untuk dinas-dinas teknis yang berkaitan dengan ini secepatnya untuk pendataan kembali berkaitan dengan sisi izinnya, karena itu dijadikan tolak ukur. Jangan sampai ini hal-hal yang membuat kisruh antar masyarakat dengan masyarakat akibat dari pada media-media,” kata Robby saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Selasa (4/8).

Selain itu ia juga meminta agar dalam pemberitaan media harus melakukan klarifikasi kepada pihak yang bersangkutan, agar berita yang hendak diterbitkan seimbang, sehingga informasinya akurat. Tidak hanya dari satu pihak saja yang membuat berita itu seolah-olah benar adanya tanpa klarifikasi dari pihak lainnya.

“Tapi yang lebih penting intinya segera untuk mendata kembali berkaitan dengan beberapa media yang sementara beredar ini. Kalau memang keabsahannya tidak ada, kemudian membangun opini yang tidak bertanggung jawab, terus itu akan dijadikan pelaporan ke polisi untuk proses hukum,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *