oleh

Disperindag Pastikan Tutup 15 Titik Pagar Pasar Sentral

Yang Dijebol Warga

TIMIKA – Menata Pasar Sentral menjadi agenda utama yang akan dikerjakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan pimpinan baru, yakni Michael R Gomar. Salah satu tindakan yang akan segera dilakukan adalah menutup pagar Pasar Sentral yang dijebol oleh masyarakat.

Ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (4/8) kemarin, Gomar mengungkapkan ada sekitar 15 titik pagar yang dijebol oleh masyarakat baik untuk akses jalan maupun untuk mendirikan bangunan serta kios. Termasuk akses jalan salah satu sekolah yayasan.

“Karena itu kita sangat berharap pengertian dari para masyarakat yang tinggal di sekitaran lokasi pasar, selama ini gunakan akses jalan dalam pasar untuk keluar masuk, kami pemerintah melalui Disperindag akan menutup tembok pagar yang dijebol masyarakat,” ujarnya.

Disperindag sudah melakukan pertemuan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat yang memanfaatkan akses melalui tembok yang dijebol. Gomar menyatakan tembok harus ditutup kembali untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pedagang serta pengunjung Pasar Sentral.

Soal keluhan masyarakat yang menuntut ada jalan alternatif, Gomar menegaskan pasar serta pagar sudah terlebih dahulu ada sebelum masyarakat membangun di sekitar pasar. Jika di sisi barat sebenarnya ada jalan lain yang bisa digunakan. Sedangkan yang di sisi timur akan dibuat jalan alternatif.

Penataan pasar lanjut Gomar menjadi agenda utama yang akan dibereskan. Bahkan akan dibentuk Tim Terpadu untuk melaksanakan tugas penataan pengelolaan Pasar Sentral. Juga membentuk badan musyawarah pengelola pasar yang terdiri dari perwakilan kelompok pedagang dan penjual. Badan musyawarah ini yang akan menjadi perpanjangan tangan dari UPTD Pasar Sentral dan Disperindag.

“Kita berharap penataan pasar segera dibenahi sehingga kenyamanan dan keindahan, image bahwa pasar itu jorok, bau dan kotor bisa hilang dan masyarakat bisa lebih banyak berkunjung ke Pasar Sentral,” tandasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *