oleh

Terdakwa Curi 24 Aki Solar Cell Sempat Jual Setengahnya

Satu Saksi Beri Keterangan

TIMIKA – Terdakwa IK yang diduga melakukan pencurian solar cell bersama satu orang lainnya yang masih dicari, mendengarkan kesaksian atas kasus yang menjeratnya. Saksi bernama Abdul Rasyad menyebut, setidaknya terdakwa IK mencuri sekitar 24 aki solar cell di Timika.

Menurut Abdul Rasyad dalam keterangannya kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas II B Kota Timika, Selasa (4/8) yang dipimpin Sarmaida Eka Rohayani Lumban Tobing, terdakwa IK melakukan pencurian aki solar cell lampu penerangan jalan bersama temannya berinisial JP di tiga tempat di Timika. Rinciannya, di Jalan Cendrawasih sekitar 14 unit, Jalan Hasanudin 4 unit dan seputaran SP 2 berjumlah 6 unit.

“Saat diamankan, terdakwa mengaku menyimpan sekitar 6 unit aki di semak-semak jalan tembus Petrosea ke Hasanuddin. Dan memang kami temukan di situ. Belum sempat dijual,” ujarnya.

Selain enam unit tersebut, dari penelusuran saksi bersama personel Polres Mimika lainnya, terdakwa telah menjual sekitar 12 aki di salah satu penimbang besi di Jalan Leo Mamiri. Sedangkan sisanya dijual di dua tempat lainnya yang ia tidak ingat rinciannya.

“12 unit yang dijual itu seharga Rp 1.680.000,” jelas Abdul Rasyad dalam persidangan.

Ditanyakan mengenai cara IK mengambil aki solar cell, menurutnya dilakukan dengan cara memanjat tiang, dan melakukan pengerusakan. Hanya saja ia mengaku belum tahu cara merusak yang dilakukan terdakwa, karena tak menemukan alat seperti tang dan sebagainya. Meskipun dari pemeriksaan diketahui, aki solar cell yang dicabut meninggalkan kerusakan berupa putusnya kabel.

“Mereka hanya berdua dalam melakukan aksinya. Hanya untuk saksi JP kami belum temui sampai sekarang,” tutupnya.

Dalam kasus ini, terdakwa maju sendiri dalam persidangan. Selain itu, Jaksa Penuntut Umum dalam kasus ini ialah Habibie Anwar, SH. Terdakwa dijerat dengan Pasal 363 Ayat (1) ke-4 dan ke-5, KUHP. (dcx)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *