oleh

Kejuaraan Menembak Perbakin Diikuti 150 Peserta

TIMIKA – Pengurus Cabang Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Mimika menggelar kejuaraan. Kejuaraan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020, juga sebagai program tahunan Pengcab Perbakin Mimika.

Pelaksanaan kegiatan dilangsungkan di Lapangan Tembak SP Kelurahan Kamoro Jaya, mulai Kamis kemarin hingga Minggu (9/8) mendatang. Kejuaraan tersebut diikuti 150 peserta dari tiga club menembak di Timika.

Ketua Panitia Lomba, Ananias Faot dalam sambutannya mengatakan, meskipun bertujuan memeriahkan HUT RI ke-75, namun kegiatan tersebut juga didasari tujuan, yakni mencari bibit prestasi sekaligus mempererat tali persahabatan, antar personel maupun grup dalam Perbakin.

“Hari ini pembukaan lomba dilakukan. Sementara untuk pertandingannya akan dimulai besok,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut ada dua mata lomba yang dipertandingkan yakni menembak 35 meter baik beregu maupun perorangan. Dan kedua, menembak 50 meter baik perorangan ataupun grup.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Mimika, Roby K. Omaleng melalui sambutannya mengatakan, kegiatan hendaknya berbobot dan bisa meningkatkan prestasi khususnya menembak.

Menembak kata Roby, salah satu Cabor yang masuk di PON nanti. Sehingga dia berharap dan minta KONI, agar kedepannya bisa menyediakan tempat latihan yang layak supaya bisa dapatkan medali,” terangnya.

Robby menyebutkan, dirinya  bangga sebab dalam kejuaraan tersebut  turut melibatkan TNI dan Polri, yang senantiasa dapat membimbing dan mengarahkan selama pertandingan berlangsung.

“Mari teman-teman TNI-Polri untuk terlibat aktif di Perbakin. Ke depan panitia bisa dari Perbakin. Cari tanah yang layak, usul ke Pemda supaya bangun tempat latihan yang bagus,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Perbakin Mimika, Garudhea Meady Purwanto melalui sambutannya, menyampaikan rasa syukur atas terlaksana kegiatan walaupun dalam suasana pandemi Covid-19. Kata dia, melalui kejuaraan tersebut bisa melakukan pembinaan atlet yang  berkesinambungan.

“Atlet harus lahir dari proses. Untuk itu, pada kesempatan ini saya laporkan Perbakin Timika belum mempunyai tempat. Ini tanah milik Pak Haji yang diberikan untuk latihan” ungkapnya.

Ia menambahkan, lantaran ketiadaan tempat latihan yang layak sehingga sudah tigakali Perbakin pindah tempat latihan.

“Kami bukan pencetak atlet penembak  api. Kami penembak senapan sipil. Yang penting dari Perbakin adalah fasilitas supaya bisa ikut event yang lebih baik,” sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng, Sekretaris Umum KONI Mimika, Cessar A. Tunya dan Perwakilan TNI-Polri yang ada di Mimika. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *