oleh

BPJAMSOSTEK Lindungi Driver Ojek Online Anterin

TIMIKA – Salah satu aplikasi transportasi online yang sudah dikembangkan di sejumlah daerah termasuk Jakarta, kini mulai merambah ke Timika. Ya aplikasi Anterin kini hadir melayani masyarakat di Timika setelah diluncurkan secara resmi Sabtu (8/8) lalu. Dan para drivernya pun langsung dilindungi BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Aplikasi Anterin diluncurkan oleh Pemda Mimika diwakili Asisten Bidang Perekonomian Setda Mimika, Syahrial bersama Direktur PT Anterin, James dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan serta perwakilan driver.

Aplikasi Anterin sudah tersedia di play store. Beberapa layanan yang dihadirkan yakni ojek online, mobil bahkan truk. Untuk sementara waktu beberapa fitur seperti layanan pesan-antar makanan belum difungsikan karena kebijakan selama pandemi Covid-19.

Direktur Anterin, James kepada wartawan mengatakan Timika merupakan kota pertama di Papua yang dilayani Anterin. Selanjutnya akan hadir juga di Jayapura dan Sorong. “Ini aplikasi baru di Timika tapi sudah ada di seluruh Indonesia,” katanya.

James menjelaskan perbedaan Anterin dengan aplikasi ojol lainnya. Pada aplikasi Anterin, penumpang bebas memilih driver bahkan juga tarif yang ditawarkan. Atau dengan istilah lelang harga. Dimana driver menawarkan harga dengan rate terendah sampai tertinggi. Bahkan penumpang bisa berlangganan dengan driver.

Anterin bukan aplikasi transportasi online pertama di Timika. Sebelumnya sudah ada namun belakangan menghilang. Agar tetap eksis, Anterin yang merupakan aplikasi berbasis nasional akan berupaya menggaet para konsumen dan bersinergi dengan Pemda Mimika dalam melayani masyarakat di Timika dalam hal transportasi.

Bagi driver, James memastikan bergabung dengan Anterin bisa mendapatkan banyak benefit. Salah satunya mendaftarkan para drivernya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan sosial. Ia menyatakan semua driver nantinya akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga bisa mendapatkan manfaat.

Selain itu untuk penumpang, Anterin memberikan kepastian keamanan. Apalagi dari pihak Anterin memasang barcode pada kendaraan setiap driver demi keamanan dan kenyamanan sehingga ketika terjadi sesuatu akan mudah dilacak.

Sebagai bentuk dukungan Pemda Mimika terhadap hadirnya Anterin di Timika, seperti yang disampaikan Asisten 2 Setda Mimika, Syahrial dalam sambutannya bahwa kehadiran transportasi online membuat aktivitas masyarakat lebih mudah dan tidak perlu repot mencari moda transportasi. “Cukup modal smartphone dan jaringan internet saja,” katanya.

Pemda Mimika kata dia selalu membuka diri bagi perusahaan yang ingin berinvestasi di Kabupaten Mimika, dengan syarat harus sesuai dengan regulasi yang berlaku sehingga nantinya tidak menimbulkan persaingan tidak sehat di tengah masyarakat. Di sisi lain lanjutnya, aplikasi Anterin ini secara langsung telah membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat juga mengurangi angka pengangguran di Timika.

Sementara itu BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika juga langsung merespon kehadiran aplikasi transportasi online Anterin dengan memberikan perlindungan kepada para driver. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan mengatakan ini sudah menjadi program pemerintah yang bertujuan melindungi semua tenaga kerja. Dimana ketika mengalami risiko kerja seperti kecelakaan akan diberi perlindungan. Apalagi meninggal dunia ada santunan. Juga ada manfaat lain berupa jaminan hari tua dan pensiun.

Kerjasama dengan Anterin, kata Verry adalah kerjasama dalam bentuk perlindungan. Dimana semua anggotanya sudah terdaftar bahkan kedepan jika bertambah maka otomatis langsung terlindungi. Ada dua jaminan untuk driver Anterin yaitu kecelakaan kerja dan kematian.

“Kami berharap secara bertahap nanti teman-teman driver ini bisa ikut jaminan hari tua maupun jaminan pensiun,” ujar Verry.

Anterin juga lanjutnya, sekaligus menjadi Perisai atau agen BPJS Ketenagakerjaan. Dimana ketika merekrut driver baru akan secara langsung didaftarkan sebagai peserta. Ini juga menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan dalam perluas cakupan perlindungan seluruh tenaga kerja di Mimika.

Verry berharap, Anterin menjadi pelopor dalam pelayanan ojek online di Timika bahkan bisa menjadi market leader.

“Harapan saya juga seluruh tenaga kerja yang bernaung di bawah Anterin terlindungi dalam BPJS Ketenagakerjaan dan selalu sehat, selamat serta sukses dalam menjalankan tugas dan berujung pada kesejahteraannya,” tutupnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *