oleh

Nicky Kuahaty Belum Terima Gaji dari Pemda Mimika

TIMIKA – Meski sudah dilantik menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH namun Nicolaas Kuahaty atau akrab disapa Nicky Kuahaty belum menerima gaji dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mimika, Marten Mallisa yang ditemui di kantornya, Senin (10/8) kemarin mengatakan untuk pembayaran gaji Plt Sekda belum dibayarkan dari APBD Kabupaten Mimika. Ini dikarenakan status kepegawaian yang secara administratif belum pindah ke Mimika.

Meskipun sudah dilantik sebagai pejabat eselon II dalam hal ini sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika dan juga sebagai Plt Sekda, namun soal pembayaran gaji belum dibayarkan dari Pemda Mimika.

“Karena belum ada SK pindah. Kalau kita proses gajinya di sini berarti belum ada dasar. Berarti yang kita bayarkan hanya TPP,” ujarnya.

Pembayaran tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) lanjut Marten itu bisa dilakukan karena merupakan kebijakan daerah. Dimana TPP diberikan kepada orang yang bekerja atau memberikan tunjangan kesejahteraan bagi pegawai yang menjalankan tugas. Berbeda dengan gaji yang dikatakan Marten melekat sebagai ASN dimanapun ditugaskan.

“Statusnya dimana kita ditempatkan di situ kita dibayarkan, karena beliau belum secara administrasi pindah kepegawaian, kita tidak ada dasar,” tandasnya.

Biasanya lanjut Marten, pembayaran gaji dilakukan ketika sudah ada surat penghentian pembayaran di daerah pengabdian sebelumnya. Itu menjadi dasar untuk pemindahan penggajian ke daerah atau tempat tugas baru.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *