oleh

Gaji 13 Dibayarkan Minggu Ini

“Semuanya dapat, termasuk pejabat eselon II,” tandas Marten.

TIMIKA – Penantian para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam beberapa bulan terakhir akhirnya terjawab setelah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pembayaran Gaji 13 Tahun 2020 serta Peraturan menteri Keuangan Nomor 106/PMK.05/2020 terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemberian gaji 13.

Regulasi yang menjadi dasar pembayaran itu sudah diterima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Sehingga BPKAD langsung menindaklanjuti dengan memproses gaji para PNS lingkup Pemda Mimika.

Kepala BPKAD Mimika, Marten Mallisa yang ditemui di kantornya, Senin (10/8) kemarin mengatakan, PMK sebagai juknis pembayaran sudah diterima. Sehingga pembayaran gaji 13 pegawai dipastikan bisa dilakukan dalam minggu ini. “Jadi kita sedang proses,” katanya.

Berbeda dengan gaji 14 atau yang dianggap tunjangan hari raya yang sudah dibayarkan sebelumnya, dimana pejabat eselon II tidak dibayarkan maka untuk gaji 13 ini dipastikan seluruh PNS bisa mendapatkan kecuali Bupati dan Wakil Bupati. “Semuanya dapat, termasuk pejabat eselon II,” tandas Marten.

Untuk pembayaran gaji 13 bagi seluruh PNS di lingkup Pemda Mimika bernilai sekitar Rp 17 miliar. kata dia, tidak ada item yang dikurangi masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Adapun komponen yang dihitung dalam gaji 13 adalah gaji pokok, tunjangan istri, tunjangan anak dan tunjangan jabatan. Komponen ini dikatakan Marten setara dengan satu bulan gaji. Tidak ada komponen pemotongan selain pajak. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *