oleh

Forum Perangkat Daerah Resmi Dibuka

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mulai menyusun program kerja Tahun 2021 mendatang. Sebelum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menetapkan Rencana Kerja, maka rancangan itu terlebih dahulu disinkronkan dengan usulan masyarakat melalui musrenbang tingkat kampung dan distrik lewat Forum Perangkat Daerah.

Lewat kegiatan Forum Perangkat Daerah yang digelar selama dua hari Selasa dan Rabu (11-12/8) di Hotel Horison, pemerintah distrik bertatap muka langsung dengan OPD. Kegiatan yang difasilitasi oleh Bappeda Mimika ini dibuka secara langsung oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH didampingi Kepala Bappeda, Yohana Paliling dan Ketua DPRD, Roby Omaleng.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH dalam sambutannya mengatakan, forum perangkat daerah merupakan wujud nyata proses perencanaan partisipatif masyarakat di kampung-kampung untuk diselaraskan dengan rencana kerja perangkat daerah atau perencanaan teknokratis.

Sesuai surat edaran yang sudah disampaikan kepada seluruh perangkat daerah, Bupati Omaleng meminta Renja Tahun 2021 sudah selesai dan tinggal diselaraskan atau disinkronkan dengan usulan masyarakat yang dijaring melalui Musrenbang distrik dan kampung. Namun ia menekankan usulan itu tetap mempertimbangkan asas manfaat, mendesak, efektifitas dan efisiensi.

Hasil dari forum perangkat daerah ini lanjut Bupati, akan menjadi rancangan akhir Renja OPD dalam rangka penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021 yang akan dibahas pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) tingkat kabupaten pada akhir Agustus mendatang.

Bupati Omaleng juga menegaskan agar program Tahun 2021 mendatang sesuai arah kebijakan dan prioritas pembangunan dalam mewujudkan visi ‘Terwujudnya Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera’.

Pada kesempatan itu Bupati menegaskan kepada seluruh kepala distrik untuk betul-betul melihat kebutuhan prioritas. Apalagi terjadi bencana di beberapa tempat yang membutuhkan penanganan seperti pembangunan jembatan gantung dan lainnya. “Itu kepala distrik kerjasama dengan kepala kampung dan OPD terkait sehingga ini segera dimasukkan dalam Musrenbang, baru kita bisa ambil langkah,” ujarnya.

Selain itu menurut Bupati, program pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas dalam lima tahun kedepan. Dimana Pemda akan membangun konektivitas antar wilayah strategis seperti wilayah perkotaan dengan pelabuhan dengan pembangunan ring road atau lingkar luar dari Mile 32 sampai ke Pomako. Serta peningkatan jalan dalam wilayah perkotaan. “Program infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi juga tetap berjalan,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *