oleh

Songsong MTQ Ke-28, LPTQ Kembali Laksanakan TC

Untuk Mengasah Kemampuan Kafilah Mimika

TIMIKA – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika kembali melaksanakan Training Center (TC) Jilid ke-2 kepada para pemenang MTQ Ke-X Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Mimika. Pemusatan latihan ini dilaksanakan untuk terus mengasah kemampuan para kafilah yang akan mewakili Mimika di ajang MTQ Ke-28 Tinggkat Provinsi Papua yang sedianya akan digelar di Jayapura.

Berdasarkan rilis tertulis yang diterima Radar Timika pada Selasa (11/8) kemarin Ketua Umum LPTQ Kabupaten Mimika Drs. H. Dwi Cholifah, MSi dalam acara silaturrahmi LPTQ Mimika bersama koordinator, penanggung jawab, pelatih, orang tua serta peserta Kafilah Mimika MTQ ke-28 Tinggat Provinsi Papua, di Masjid Al Fattaah BTN Kamoro Indah, Minggu (9/8) lalu, mengatakan bahwa kesiapan Kafilah Mimika untuk mengukuti MTQ tingkat Provinsi ke-28 di Jayapura telah maksimal dilakukan, namun dengan adanya wabah Covid-19 membuat perhelatan yang digelar 2 tahun sekali tersebut harus dibicarakan Kembali oleh panitia MTQ Tingkat Provinsi.

“Sebetulnya kita punya kesiapan kafilah ini untuk ke Jayapura sudah siap, kita telah melaksanakan MTQ tingkat kabupaten, kita telah mendatangkan pelatih Instruktur Qori Internasional untuk TC perdana, serta adminstrasi kafilah dan kostum semua sudah lengkap. Ditambah lagi pelatihan yang terus dilakukan di rumah-rumah tilwah dan sekolah yang merupakan binaan LPTQ Mimika terangnya.

Ia menambahkan, LPTQ Kabupaten Mimika sampai saat ini terus berkomonikasi dengan LPTQ Provinsi Papua tentang mekanisme perlombaannya yang yang nantinya akan diterapkan dalam ajang tersebut.

Yang jelas tidak ada kontingen atau kafilah dari seluruh kabupaten yang berangkat karena masih dalam suasana Covid, namun tidak mengurangi kesiapan kita, untuk terus berlatih baik secara Teknik, maupun kesiapan kita dalam menghadapi perlombaan yang nantinya akan menggunakan media internet dalam jaringan (daring).

Sementara itu Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Mimika, Drs. H. Muhammad Ahdin menambahakan bahwa kemungkinan besar MTQ Ke-28 Tingkat Provinsi Papua akan digelar secara ‘daring’ dengan mendatangkan salah satu atau dua juri se-tinggat Provinsi yang akan berkunjung ke Kabupaten-kabupaten yang ada di Papua.

“Kita akan menunggu kepastian lebih lanjut dari penyelenggara MTQ Tingkat Provinsi di Jayapura, untuk itu kami terus menjalin komunikasi seperti apa nanti kejelasannya,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut Ketua I LPTQ Mimika yang juga penanggung jawab Kafilah Mimika, H. Akhir Iribaram, SE., MM memberikan motivasi kepada para peserta untuk tetap semangat dan terus berjuang untuk mengasah kemampuan peserta dalam TC yang akan dilaksanakan LPTQ Mimika dalam 2 pekan kedapan.

“Tetap semangat dan jangan berkecil hati karena tidak dapat tampil di Jayapura karena adanya wabah ini. Namun kami menghimbau agar anak-anakku terus mengasah kemampuan untuk ajang-ajang MTQ yang akan datang,”jelasnya

Selanjutnya, menyikapi kesiapan kafilah mimika dalam mengikuti MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Papua, LPTQ Mimika telah membuat jadwal TC untuk para peserta Kafilah Mimika untuk berlatih mengasah kemampuan mereka.

Koordinator TC, yang juga wakil Sekretaris I LPTQ Mimika, Abdul Syakir S.Pd.I menyampaikan bahwa telah disepakati dalam silaturrahmi tersebut akan melaksanakan TC kurang lebih 14 hari yang di fokuskan di Masjid Al Fattaah BTN Kamoro Indah, Masjid Al Ihsan depan SMAN 1 dan Masjid Agung Babussalam, untuk cabang Hifdzil anak-anak Putra putri, Tilawah anak, remaja dewasa masing-masing putra-putri, Syarhil Quran Putra-putri, Fahmil Quran Putra-putri serta Kaliqrafi.

“Pelatih akan memberikan materi tentang teknik dan kesiapan mereka untuk manambah kecakapan dan pendalaman materi yang nantinya berguna dalam menunjang karir mereka baik di ajang MTQ Tingkat Provinsi tahun ini mupun sebagai bekal mereka diajang yang sama dimasa yang akan datang”,tutupnya. (*/sms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *