oleh

Kapolres: Detik-Detik Proklamasi, Masyarakat Semua Hentikan Aktivitas

TIMIKA- Untuk memaknai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 75 pada Senin (17/8) mendatang, serta menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam memperebutkan kemerdekaan Bangsa Indonesia, maka seluruh masyarakat Kabupaten Mimika, wajib mengikuti detik-detik Proklamasi dengan cara menghentikan segala bentuk aktivitas pada Senin (17/8) pukul 12.17 WIT sampai 12.20 WIT.

Hal ini ditegaskan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK yang ditemui wartawan, di kantor Polres Mimika di Jalan Agimuga, Mile Point (MP) 32, Rabu (12/8) kemarin.

Kata Kapolres, penghentian segala bentuk aktivitas pada saat detik-detik Proklamasi tersebut, sudah merupakan instruksi langsung dari Pemerintah Republik Indonesia.

“Pada saat detik-detik Proklamasi, masyarakat wajib hentikan segala aktivitasnya dan ikut menghayati detik-detik Proklamasi. Jadi semua aktivitas berhenti selama tiga menit, dan kami harapkan agar saat detik-detik Proklamasi, semua masyarakat keluar dan berdiri untuk menghormati detik-detik Proklamasi. Begitu juga dengan kendaraan-kendaraan semua wajib berhenti selama tiga menit,”ujarnya.

Bahkan kata Kapolres, saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 nantinya, pihaknya akan menurunkan seluruh personel Polres Mimika dan dibantu unsur TNI, serta instansi terkait dan ormas untuk melakukan pengamanan di setiap jalan raya di Kota Timika, dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi.

“TNI dan Polri akan kita turunkan, kalau kurang kita libatkan Satpol PP. Kalau kurang lagi, kita libatkan organisasi masyarakat. Tapi kalau juga kurang lagi, maka kita libatkan semua masyarakat Mimika untuk kita sama-sama lakukan pengamanan saat detik-detik Proklamasi,”kata AKBP Era.

Sebab itu sebagai Kapolres Mimika, ia telah memerintahkan seluruh personel Polres Mimika, untuk memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat terkait peringatan detik-detik Proklamasi tersebut.

“Anggota sudah turun ke jalan-jalan untuk sampaikan imbauan. Dengan demikian kami harapkan semua masyarakat bisa mendengar dan melaksanakan hal tersebut, sebagai bentuk ungkapan syukur kita sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia,”pungkasnya. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *