oleh

50 Pelaku UMKM Ramaikan Drive Thru Bazar Kuliner Nusantara

TIMIKA – Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 menjadi momen bagi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Mimika untuk membangkitkan UMKM, khususnya yang bergerak di bidang kuliner melalui drive thru bazar kuliner nusantara yang digelar mulai Senin (17/8) sampai besok Rabu (18/8) besok.

Pada hari pertama bazar, para pengunjung mulai dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH para Forkopimda dan pejabat lingkup Pemda Mimika serta masyarakat mulai berbondong-bondong mendatangi lokasi bazar di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ida Wahyuni yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan ada sekitar 50 pelaku UMKM yang ikut bazar. Jumlahnya memang dibatasi karena tempat yang sangat terbatas.

Kehadiran Bupati serta Forkopimda menurut Ida Wahyuni merupakan bentuk dukungan terhadap keberlangsungan UMKM di Mimika terutama bagi pelaku usaha pemula untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.

Agenda ini kata Ida akan rutin digelar termasuk rencana pada bulan Oktober mendatang sebagai bentuk dukungan kepada para pelaku usaha. Sebab sekarang ini tidak ada lagi bantuan modal berupa uang cash tapi dalam bentuk sarana dan prasarana. Seperti yang beberapa hari lalu diserahkan oleh Bupati yakni kendaraan roda tiga dan gerobak.

Juga bantuan mesin pembuatan keripik kepada sekitar 15 kelompok binaan yang dipersiapkan untuk menghadapi PON dan Pesparawi Tahun 2021 mendatang. Pendampingan juga diberikan untuk legalitas produk, izin hingga packing dan label.

“Tahun ini difokuskan untuk mendukung Pesparawi dan PON. Jadi produk snack kita bantu supaya bagaimana snack bisa menghasilkan,” terangnya.

Sementara para penerima bantuan sarana dan prasarana lanjut Ida juga akan terus dipantau untuk memastikan eksistensi produk yang dihasilkan. Sebab bukan hanya bantuan peralatan tapi Diskop UMKM juga membantu hingga pemasaran.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *