oleh

Urus BPJS Kesehatan Mudah Lewat Chika, Vika dan Edabu

TIMIKA – Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini memiliki banyak pilihan untuk mengakses layanan seputar program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tanpa harus ke kantor. Apalagi di situasi pandemi Covid-19, dimana kontak langsung harus dihindari.

Setelah meluncurkan aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan kini memiliki tiga platform yang bisa diakses oleh peserta yakni Chika dan Vika. Ada juga Edabu Mobile khusus untuk badan usaha. Layanan ini diperkenalkan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dalam media gathering yang digelar Kamis (20/8) kemarin di Hotel Horison.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah menjelaskan untuk layanan Chika bisa diakses melalui link atau nomor kontak 0811-8750-400 untuk platform WhatsApp. Bisa juga lewat aplikasi pesan Telegram yang diakses melalui link https://t.me/BPJSKes_bot atau search BPJSKes_bot.

Tidak hanya itu, layanan serupa juga dapat diakses melalui halaman resmi Facebook BPJS Kesehatan. Cukup klik tombol Facebook Messenger untuk bisa berinteraksi dengan Chika. “Hanya menyimpan nomor Chika bisa langsung dapat berinteraksi. Nantinya sistem akan merespon apa saja yang sudah menjadi kebutuhan peserta,” ujar Djamal.

Selain layanan chatting via WA dan Telegram, peserta juga bisa memilih layanan interaksi langsung lewat VIKA, yaitu pelayanan informasi melalui mesin penjawab untuk mengecek status tagihan maupun mengajukan pertanyaan atau pengaduan terkait program JKN-KIS. Sama halnya dengan call center, masyarakat atau peserta bisa menelpon ke nomor 1500 400 dan akan dijawab oleh petugas secara langsung dan dipandu untuk memilih menu layanan. Seperti menekan angka 1 untuk cek status kepesertaan dan 2 untuk cek tagihan.

Selain kanal informasi Chika dan Vika seperti yang dipaparkan Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Bertrand S Tupan bahwa ada juga aplikasi untuk mempermudah badan usaha atau perusahaan yang berskala besar untuk pengurusan administrasi karyawan yaitu Elektronik Data Badan Usaha atau Edabu Mobile versi 1.0 yang dapat diakses melalui handphone oleh admin perusahaan.

Aplikasi Edabu Mobile menurut Bertrand, merupakan aplikasi praktis mengatur kebutuhan perusahan dalam program JKN-KIS dengan satu penanggungjawab yang ditunjuk. Tujuan dari aplikasi Edabu Mobile versi 1.0 ini untuk memberikan kepraktisan kepada penggunanya, khususnya perusahaan atau badan usaha yang memiliki pekerja dalam jumlah cukup besar.

“Selain mudah, cepat, pasti Edabu Mobile bisa diakses secara online dan dapat dilakukan di rumah atau perusahaan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS kesehatan,” ujarnya.

Djamal kembali menambahkan, bahwa aplikasi Mobile JKN juga sedang dikembangkan. ada fitur baru. Semua fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan baik Puskesmas, klinik, dokter dan rumah sakit kini terhubung dengan aplikasi Mobile Faskes.

Ia juga mengatakan untuk respon terhadap keluhan atau pengajuan lewat layanan Chika dan Vika akan dilakukan secepat mungkin. Misalnya ada keluhan peserta, akan ditindaklanjuti oleh petugas dalam waktu 1×24 jam. Tapi jika berhubungan dengan eksternal dibutuhkan waktu 3×24 jam karena diperlukan data.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *