oleh

Satgas Yonif 754 Kostrad Periksa Kesehatan Masyarakat Agimuga

Di Kampung Kiliarma

TIMIKA- Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, dan juga untuk mengantisipasi penyakit malaria di tengah-tengah masyarakat, maka Satuan Tugas (Satgas) Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad, Rabu (19/8) lalu, melaksanakan pengobatan dan pengecekan malaria kepada masyarakat dengan cara berkeliling, kepada masyarakat Kampung Kiliarma, Distrik Agimuga.

Hal itu disampaikan Dansatgas sekaligus Danyonif 754/20/3 Kostrad, Letkol Inf Dodi Nur Hidayat dalam rilisnya kepada Radar Timika, Rabu lalu.

Letkol Dodi mengatakan, malaria merupakan penyakit yang rutin menyerang masyarakat. Sebab itu sebagai satgas pengamanan, wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa malaria merupakan penyakit menular, yang disebabkan oleh parasit  plasmodium. Sehingga perlu adanya pengecekan secara medis secara rutin kepada masyarakat,”kata Danyon.

Kemudian Danyon mengungkapkan, pemeriksaan malaria yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif 754/ENK/29/3 Kostrad kepada masyarakat di Kampung Kiliarma, dilakukan dengan cara pengecekan sampel darah dari masyarakat.

“Dengan melakukan pengecekan secara medis dengan mengambil mempel darah dari setiap masyarakat yang disambangi,”kata Letkol Dodi.

Letkol Dodi juga menjelaskan, bahwa kegiatan pemeriksaan dan pengecekan malaria itu, dipimpin langsung oleh Danpos Kampung Kiliarma, Letda Inf Arian.

Di mana kegiatan tersebut, sebagai salah satu bentuk upaya Satgas hadir untuk membantu masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Ini merupakan salah satu upaya satgas untuk hadir di tengah masyarakat, dan membantu masyarakat di bidang kesehatan yang dilakukan dengan berkeliling kampung,”ungkapnya.

Sementara itu menurut Danyonif bahwa kegiatan tersebut, mendapatkan respon yang positif dari masyarakat setempat. Salah satu warga Kampung Kiliarma, Lukas (29) mengatakan, kegiatan tersebut cukup membantu masyarakat di Kampung Kiliarma.

“Kebetulan sekali saya sedang merasa seperti gejala malaria dan kebetulan kegiatan ini diadakan berada di dekat rumah, sehingga saya langsung meminta diperiksa oleh anggota Satgas,”papar Lukas. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *