oleh

Kelurahan Harus Manfaatkan Armada Pengangkut Sampah

TIMIKA – DPRD Mimika mendorong pemerintah kelurahan di dalam Kota Timika, untuk memanfaatkan dengan baik armada khusus ‘tiga roda’, yang telah diperbantukan dinas dalam penanganan sampah warga setempat.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng kepada Radar Timika, Sabtu (22/8)  melalui sambungan telepon. Robby meminta penanganan sampah di Kota Timika dioptimalkan, dengan memanfaatkan armada khusus ‘tiga roda’ pengangkut sampah, yang sebelumnya telah diberikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika kepada setiap kelurahan.

Hal itu, agar bisa mengangkut sampah dari rumah-rumah warga ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di kelurahan setempat, dan selanjutnya dijemput mobil sampah dari dinas untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Armada pengangkut sampah itu harus dimanfaatkan oleh pihak kelurahan, agar masalah klasik seperti sampah yang berserakan itu tidak terus terjadi,” ungkapnya.

Robby menyoroti banyaknya sampah yang dibuang sembarangan di pinggir jalan, lorong-lorong dan bahkan di jalan utama di dalam Kota Timika. Fasilitas negara yang sudah dibagikan per kelurahan itu harus dimanfaatkan sesuai fungsinya, jangan hanya melayani kebutuhan pribadi.

Sementara berkaitan dengan pergantian pejabat kepala kelurahan, Robby meminta harus ada serah terima aset pemerintah itu, jangan sampai terbawa lurah yang lama karena bertentangan dengan aturan hukum.

Robby Omaleng menambahkan, penanganan sampah menjadi hal penting yang berdampak pada kesehatan warga, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Selain itu, kebersihan perlu diperhatikan karena membawa suasana indah bagi wajah Kota Timika. Peran masyarakat pun menjadi hal terutama, karena sampah dihasilkan oleh aktivitas warga sehari-hari.

Robby mengimbau warga sadar sampah, dengan tidak membuang sampah rumah tangga di sembarang tempat. Sementara dinas terkait diminta tidak lalai menjemput sampah di permukiman warga, agar wajah bersih Kota Timika selalu terpampang. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *