oleh

Bupati Buka Musrenbangda RKPD Tahun 2020

TIMIKA – Dalam rangka penyusunan program Tahun 2021 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020 selama empat hari mulai Senin (24/8) sampai Kamis (27/8) mendatang.

Pembukaan digelar Senin (24/8) di Graha Eme Neme Yauware oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH didampingi Ketua Komisi C DPRD Mimika, Elminus Mom, perwakilan Bappeda Provinsi Papua dan Kepala Bappeda Mimika, Ir Yohana Paliling, MSi.

Musrenbangda ini dikatakan Bupati Eltinus Omaleng, sebagai ajang partisipatif dan forum untuk memaduserasikan berbagai aspirasi pemangku kepentingan di Mimika melalui program kegiatan lintas sektor dalam upaya mencapai sasaran prioritas pembangunan daerah dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Mimika.

Dalam proses perencanaan diungkapkan Bupati, Pemda telah menggunakan sistem aplikasi e-Planning seperti yang sudah dilakukan beberapa tahun sebelumnya. Sehingga usulan program dan kegiatan prioritas yang nantinya menjadi program kerja benar-benar terintegrasi dengan dokumen perencanaan di tingkat provinsi dan di tingkat pusat. Baik usulan yang berasal dari Musrenbang, hasil pokok pikiran dewan dan juga rencana kerja organisasi perangkat daerah (OPD).

Bupati menekankan beberapa hal terkait pokok pikiran dewan. Aspirasi yang ditampung oleh dewan melalui reses kata dia harus dibahas bersama OPD teknis. Misalnya usulan pembangunan sekolah dibahas dengan Dinas Pendidikan begitu juga dengan yang lainnya. “Supaya arahnya jelas. Jangan Musrenbang selesai baru ada usulan, tapi harus duduk berembuk. Kalau sudah tutup Musrenbang baru dimasukkan itu kacau, jadinya ribut,” terangnya.

Untuk itu ia mengimbau seluruh peserta Musrenbang agar dapat berpartisipasi aktif dalam merumuskan dan memantapkan usulan program dan kegiatan berdasarkan skala prioritas secara aktif dan bijaksana. Juga tetap memperhatikan indikator capaian target program dan kegiatan yang mendukung keberhasilan dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika periode 2019-2024.

Adapun tema pembangunan Tahun 2021 mendatang ditegaskan Bupati adalah peningkatan  infrastruktur berbasis daya dukung lingkungan dan kelestarian nilai-nilai lokal budaya.

Mengingat RKPD Tahun 2021 merupakan tahun kedua RPJMD Kabupaten Mimika maka Bupati mengingatkan kepada semua pihak untuk benar-benar memperhatikan capaian target kinerja program dan kegiatan yang akan dicapai dalam lima tahun kedepan.

Meningkatkan koordinasi untuk mencapai suatu keterpaduan dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian program kegiatan sehingga pembangunan akan berdampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Mimika. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *