oleh

Rp 16 M Lebih Dana PKH yang Disalurkan Selama Covid-19

TIMIKA – Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebelumnya dicairkan setiap tiga bulan melalui Bank BRI, kini sudah dicairkan setiap bulan. Hal ini sudah berlangsung sejak awal pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Tercatat hingga saat ini dari 9.700 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang ada di Kabupaten Mimika, Dinas Sosial mencatat sudah ada Rp 16 miliar lebih dana yang sudah disalurkan selama masa pandemi Covid-19. Dimana untuk masing-masing KPM jumlah dana yang diterima berbeda-beda. Ada yang Rp 1 juta dan ada pula yang Rp 1,5 juta, tergantung komponennya.

“Komponennya itu misalnya ibu hamil, yatim piatu, difabel dan macam-macam. Nah ini terimanya setiap bulan di BRI, bukan lagi setiap tiga bulan, tetapi diubah selama Covid-19 ini,” kata Kepala Dinas Sosial, Petrus Yumte saat ditemui, Senin (24/8).

Ia mengatakan perubahan jadwal pencairan ini memberikan dampak yang baik terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Jumlah yang disalurkan tersebut tidak terlepas dari adanya upaya pemerintah daerah melalui proses validasi, verifikasi, penginputan sehingga dana tersebut bisa disalurkan dengan baik kepada KPM dengan tepat waktu.

Selain bantuan PKH, Dinsos juga sudah menyalurkan sekitar 4.000 lebih penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang juga disalurkan melalui e-Warung yang merupakan Agen BRILink BRI.

“Jadi BRI ini adalah BUMN yang ditunjuk untuk menyalurkan bantuan-bantuan sosial seperti PKH dan BPNT dan juga BST bagi penerima yang sudah memiliki rekening yang sudah terdaftar,” jelas Petrus.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *