oleh

Fungsional Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Tertunda Lagi

TIMIKA – Penantian masyarakat untuk bisa menikmati fasilitas baru Bandara Mozes Kilangin yakni terminal penumpang belum bisa terjawab tahun ini. Pasalnya, fungsional terminal yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tertunda lagi. Padahal ditargetkan tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Jania Basir Rantedanun yang ditemui di Hotel Grand Mozza pada Selasa (25/8) kemarin mengatakan awalnya terminal A yang dibangun APBN ingin difungsikan tahun ini. Tapi karena dampak Covid-19 sehingga anggaran untuk finishing lantai satu terminal bandara tidak turun. “Sebenarnya tinggal elektrikal saja yang belum untuk lantai satu,” tandasnya.

Sehingga kata Jania, fungsional yang ditargetkan tahun ini terpaksa harus ditunda. Namun pemerintah baik pusat dan kabupaten akan berupaya untuk segera menyelesaikan. “Rencana tahun depan dana dari Kementerian untuk elektrikal sudah turun juga jadi saya yakin bisa difungsikan saat PON dan Pesparawi,” ujarnya.

Untuk mencapai target itu, Pemda Mimika juga menggenjot pembangunan fasilitas pendukung terutama area parkir yang saat ini sudah mulai dikerjakan. Progresnya sendiri baru sekitar 10 persen dalam bentuk pekerjaan pembersihan lahan. Dishub yakin untuk areal parkir bisa diselesaikan sesuai target.

Terminal B yang dibangun Pemda Mimika menggunakan APBD juga mulai dilanjutkan. Hanya saja diakui Jania, sedikit molor mengingat adanya revisi perencanaan yang harus mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Tapi pekerjaan sudah mulai berjalan. Begitupun dengan apron yang baru berkontrak dan akan segera dikerjakan.

Ada beberapa revisi dari perencanaan terminal Bandara Mozes Kilangin yang dibangun pemerintah. Setidaknya ada tiga poin yang disyaratkan Kemenhub. Pertama, perkuatan atap yang harus tahan gempa. Kemudian tangga yang sudah dibangun harus dibongkar dan berubah posisi. Serta posisi konveyor untuk bagasi. “Tiga poin itu yang ditekankan dari kementerian,” tandas Jania. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *