oleh

Layanan Subsidi Kargo Tunggu Penunjukan Koperasi

TIMIKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika melalui Dinas Perhubungan (Dishub) sebenarnya mengalokasikan anggaran untuk penerbangan subsidi kargo ke pedalaman. Namun layanan ini belum dijalankan karena masih menunggu penentuan koperasi yang akan bertugas mendistribusikan barang.

Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Jania Basir Rantedanun yang ditemui di Hotel Grand Mozza, Selasa (25/8) lalu, mengatakan tahun ini ada program dari dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk subsidi penerbangan kargo dalam rangka menekan disparitas harga antara kota dengan pedalaman.

Hanya saja kata Jania, program ini belum dijalankan karena pihak penyedia barang dalam hal ini koperasi belum ada yang ditetapkan. “Dinas Perhubungan yang subsidi. Tapi yang koperasi atau penyedia ada Dinas Koperasi ataupun Dinas Perdagangan untuk penyedianya,” paparnya.

Dishub lanjutnya terus berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UMKM serta Disperindag, namun belum ada tindaklanjut. Ini juga yang membuat Dishub belum melakukan lelang karena dikhawatirkan tetap tidak bisa berjalan. Kalaupun ada pemenang tender untuk jasa angkutan tapi tidak ada penyedia barang maka tetap tidak bisa berjalan.

“Jadi kami sebenarnya menunggu. Takutnya nanti malah dapat tuntutan lagi dari penyedia atau pemenang lelang,” ujarnya.

Tidak hanya angkutan udara, subsidi kargo ditambahkan Jania juga tersedia untuk angkutan laut yang bisa menjangkau daerah pesisir. Ia sangat berharap layanan ini bisa dimanfaatkan untuk menekan disparitas harga. Sebab selama ini penyebab kemahalan di pedalaman karena biaya angkutan. Tapi dengan subdisi maka bisa menurunkan harga.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *