oleh

Maybrat Berduka, Wabup Paskalis Kocu Berpulang

SORONG – Warga Kabupaten Maybrat berduka. Bagaimana tidak, Wakil Bupati Kabupaten Maybrat periode 2017-2022, Drs. Paskalis Kocu,MSi meninggal dunia di kediaman pribadinya di Ayawasi, Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat. Kepergian Wabup Maybrat untuk selama-selamanya ini sangat mengejutkan keluarga besar sub suku A3 (Ayamaru, Aitinyo, Aifat). Pasalnya, orang nomor dua di Kabupaten Maybrat ini sebelumnya diketahui sehat-sehat serta proaktif melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Informasi yang diperoleh Radar Sorong (Grup Radar Timika) dari pihak keluarga bahwa seperti biasanya setelah bangun tidur, Paskalis Kocu mandi di kamar mandi karena rencananya pagi (kemarin,red) ada pertemuan penting di pondopo alun-alun Fait Mayaf, Ibukota Kabupaten Maybrat untuk mendengarkan penjelasan Bupati dan Wakil Bupati kepada para pencaker terkait hasil pertemuan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Papua Barat dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan-RB) di Jakarta dan juga penjelasan Bupati untuk menjawab tuntutan aksi demo mahasiswa Maybrat beberapa waktu lalu di Kumurkek.

Plt. Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maybrat, Ferdinandus Taa,SH,MSi yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler membenarkan adanya kejadian tersebut. “Ia benar. Setelah bangun, beliau (almarhum) langsung masuk kamar mandi karena rencananya ada pertemuan penting dengan ade ade pencaker dan mahasiswa di alun alun alun Fait Mayaf pagi ini, tiba-tiba langsung jatuh di kamar mandi,” kata Ferdinandus Taa.

Dikatakannya, keluarga saat itu bergerak cepat menghubungi petugas kesehatan yang melayani di puskesma terdekat untuk melakukan tindakan medis. “Rencananya mau lakukan tindakan medis untuk dirujuk ke Sorong, tetapi terlambat,” kata Ferry Taa sembari menambahkan bahwa mereka keluarga besar A3 khususnya Aifat sangat kehilangan sosok almarhum Paskalis Kocu yang memiliki sifat kebapaan.

Ditambahkannya, tanggal 22 Agustus lalu genap tiga tahun duet Sagrim-Kocu (SAKO) memimpin Kabupaten Maybrat. Sebelum menduduki posisi Wakil Bupati Maybrat, beliau memulai karier birokrasi di Pemerintah Kabupaten Sorong. Almarhum banyak mengabdi di pedalaman Kabupaten Sorong, khususnya di wilayah pantura sebelum lahirnya Kabupaten Tambrauw dan Maybrat. Di lingkungan birokrat, jabatan terakhir yang diembannya yakni Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Maybrat. Ia kemudian mendampingi Drs Bupati Bernard Sagrim,MM dalam Pilkada Kabupaten Maybrat dan akhirnya terpilih memimpin Kabupaten Maybrat periode 2017-2022.

Informasi yang diterima Radar Sorong, pemakaman almarhum Paskalis Kocu rencananya dilangsung pada hari Kamis 27 Agustus yang didahului dengan prosesi ibadah pelepasan di rumah duka, selanjutnya ke pihak gereja, kemudian pihak gereja menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk dilangsungkan upacara pemakaman secara kenegaraan. (rasor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *