oleh

Musrenbang Diharap Prioritaskan Program Kebutuhan Masyarakat

TIMIKA – Ketua Komisi A DPRD Mimika, Daud Bunga mengharapkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Kabupaten Mimika yang sementara berlangsung, diharapkan dapat mengakomodir usulan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dari tingkat kampung dan distrik. Musrenbang juga diharapkan dapat memprioritaskan program yang menyentuh kebutuhan dan kehidupan lingkungan masyarakat, agar programnya terasa manfaatnya dan tidak mubazir.

“Saya harapkan Musrenbangda ini program kegiatan yang akan dilaksanakan itu menyentuh kebutuhan masyarakat, supaya tidak ada yang mubazir,” ujar Daud, Selasa (25/8).

Daud menyebut, program yang dimasukkan juga harus berdasarkan skala prioritas. Yakni yang bersentuhan dengan kebutuhan dan kehidupan masyarakat. Seperti pada pembangunan infrastruktur jalan di lingkungan pemukiman warga, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan industri rumah tangga.

Legislator asal Partai Nasdem itu juga meminta penganggaran disusun berimbang dan adil bagi setiap OPD di lingkup Pemkab Mimika. Jangan sampai ada kesenjangan anggaran yang terjadi antar OPD, sehingga kegiatan pembangunan melalui program pemerintah berjalan timpang.

Selain itu ia juga mewanti-wanti jangan sampai ada anggaran urusan pilihan yang dikedepankan, namun akhirnya mubazir atau tidak berguna.

Daud Bunga menambahkan, peran warga masyarakat pun dinilainya penting dalam memelihara hasil pembangunan yang dijalankan oleh program pemerintah. Warga diajak peduli dengan hasil pembangunan di lingkungan sekitarnya sehingga dampak manfaatnya terasa dalam jangka waktu yang lama bagi kepentingan warga itu sendiri.

Ia berharap aparat pemerintah distrik yang mengikuti Musrembang Daerah ini cermat dalam menyusun anggaran bagi program pembangunan bagi masyarakat kampung. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *