oleh

Bulan Ini BPJS Kesehatan Mimika Nonaktifkan 44 Peserta JKN

TIMIKA – Menjelang awal September 2020, BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Dinas Sosial (Dinsos) melakukan pemutakhiran data peserta Jaminan Kesehatan (JKN) daerah yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Kamis (27/8) di ballroom Hotel Horison Ultima Timika.

Dari 27 ribu peserta JKN yang dibayarkan Pemda, tercatat ada sekitar 44 peserta di bulan Agustus ini yang dinonaktifkan BPJS Kesehatan karena sudah meninggal dunia.

Kepala BPJS Kesehatan Jayapura, Djamal Adriansyah mengatakan pemutakhiran data ini selalu rutin dilakukan setiap bulan untuk mengetahui jumlah bertambah dan berkurang peserta JKN yang ditanggung Pemda.

“Khusus untuk yang berkurang ini 44 peserta untuk bulan ini yang sudah meninggal. Nah itu kita non aktifkan sehingga nanti bisa digantikan kepada penduduk yang baru atau iurannya nanti disesuaikan begitu,” kata Djamal.

Namun untuk penggantian peserta yang dinonaktifkan ini harus berdasarkan kesepakatan Pemda, BPJS Kesehatan hanya menginput datanya saja dan kemudian terus melaporkannya kepada Pemda untuk dilakukan pembayaran iuran setiap bulannya. Serta akan diberita acarakan dan diupdate pada master file BPJS Kesehatan karena data yang dimiliki harus selalu akurat.

“Jadi proses pemutakhiran ini untuk melihat berapa yang lahir, bertambah dan berapa yang dikeluarkan, karena ada yang meninggal atau keluar dari daerah Mimika. Nah ini berdampak kepada data yang real setiap saat ini berubah terus setiap bulan. Ini adalah updating data,” tuturnya.

Ia mengatakan BPJS Kesehatan Cabang Mimika melayani 2 jenis JKN, yakni JKN yang ditanggung Pemda dengan dana APBD dan JKN yang ditanggung pusat dengan dana APBN sebanyak 180 ribu peserta. Keduanya dikhususkan untuk Orang Asli Papua (OAP).(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *