oleh

Bupati Gelar Pertemuan Bersama Kementerian ATR

Update Perkembangan Revisi RTRW Mimika Tahun 2019-2039

Untuk melihat perkembangan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mimika Tahun 2019-2039, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menggelar petemuan khusus bersama tenaga ahli Bappeda dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang di Jakarta, Selasa (1/9) lalu.

Pertemuan ini, juga dilakukan sebagai salah satu syarat bagi Pemda Mimika untuk dapat mengajukan persetujuan substansi Kementerian Agraria dan Tata Ruang yang ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Melalui rilis yang diterima Radar Timika, Kamis malam, Bupati Omaleng dalam pertemuan tersebut mengingatkan beberapa kebijakan diantaranya, rencana pengembangan wilayah pemekaran Distrik dari 18 menjadi 29 distrik. Rencana pengembangan pelabuhan berskala besar/peti kemas di wilayah Potowayburu. Rencana pengembangan kawasan industri untuk smelter dan industri komplementer lainnya di kawasan logpond sampai Kapiraya. Rencana pengembangan sistim jaringan jalan arteri ke arah barat yang entri point-nya pada rencana simpang 8, sedangkan untuk jalan arteri ke arah timur dimulai dari jalan lingkar dalam Mil 32 menuju Nayaro ke Agimuga. Rencana pengembangan PLTA Urumuka. Rencana pengembangan jalur kereta api mendukung kebijakan nasional. Dan memastikan bahwa RTRW Mimika telah mengikuti arahan kebijakan dari propinsi dan pusat.

Hasil dari pertemuan yaitu Pemda Mimika perlu menyelesaikan beberapa administrasi kelengkapan untuk permohonan persetujuan substansi Kementerian ATR yang ditargetkan keluar pada akhir tahun 2020.

Kegiatan yang juga dihadiri Asisten III Setda Mimika, Kepala Bappeda dan Litbang, Kadis Pertanian, Kabid Fispra dan staf Bappeda serta tenaga ahli Bappeda itu, diarahkan langsung oleh Direktur Pembinaan Perencanaan Tata Ruang dan Pemanfaatan Ruang Daerah Kementerian ATR, Reny Windyawati, ST MSc. (*/sms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *