oleh

Sudah 7 Tahun Dibangun Namun Belum Difungsikan

Pasar Mapurujaya

Pemerintahan Distrik Mimika Timur menargetkan tahun depan akan mendorong pengoperasinalan Pasar Mapurujaya yang hingga kini belum juga difungsikan.

Kadistrik Miktim, Yulianus Pinimet kepada Radar Timika di Mapurujaya, Rabu ( 2/9) kemarin menuturkan, pasar yang dibangun secara permanen sejak tahun 2011 itu, hingga kini belum difungsikan. Alasannya, juga dikarenakan pembayaran lahan atau tanah di lokasi pasar yang belum terselesaikan.

“Sudah tujuh tahun pasar ini belum difungsikan padahal sudah dibangun secara permanen ditempat yang strategis pula,” ungkapnya.

Ia menegaskan, tahun depan pihaknya akan mendorong secara serius untuk pengoperasian pasar tersebut, tapi sebelumnya yang mesti diselesaikan terlebih dahulu adalah status lahan lokasi pasar.

“Status lahannya ini harus diselesaikan terlebih dahulu agar pasar ini bisa difungsikan,”ucapnya.

Kata dia, pasar tersebut merupakan aset pemda Mimika yang setidaknya dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari situ. Selain itu juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar lokasi pasar.  Tetapi karena persoalan lahan hingga kini status tanahnya saja belum jelas.

Ia mengakui, hingga kini memang pihaknya belum ada koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag) Kabupaten Mimika. menururtnya karena kalau koordinasi ke Disperindag itu lebih terkait dengan pengoperasinal atau pasar tersebut difungsikan.

Menurut Yulianus ini sebenarnya sangat penting bagi masyarakat, terutama untuk bisa menopang ekonomi masyarakat di sekitar lokasi pasar atau umumnya untuk masyarakat Mimika Timur. Agar mereka bisa memasarkan hasil kebun atau hasil laut yang mereka dapatkan. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *