oleh

Hari Pelanggan Nasional, BPJAMSOSTEK Komitmen Dekatkan Layanan

TIMIKA – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh setiap 4 September, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memberikan layanan khusus bagi pelanggan yang datang berkunjung Jumat (4/9) kemarin.

HPN ini juga menjadi momentum bagi BPJAMSOSTEK untuk meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan inovasi agar lebih dekat dengan peserta. Itu disampaikan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Verry Boekan ketika ditemui di kantornya kemarin.

Di masa pandemi Covid-19 ini kata Verry, ada inovasi layanan yang dilaksanakan secara nasional yaitu Lapak Asik atau Layanan Tanpa Kontak Fisik. Biasanya peserta datang ke kantor, dijemput di depan kemudian ada interaksi secara berdekatan. Tapi sekarang dipasang partisi sehingga untuk menghindari kontak.

“Peserta yang datang ke sini tetap kami layani tetapi dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Bahkan peserta juga tidak perlu ke kantor namun dilakukan secara online. Semua berkas diverifikasi secara online dan konfirmasi lewat telepon kemudian pembayaran langsung ke rekening masing-masing. Misalnya peserta di Nabire yang berhenti bekerja dan ingin klaim JHT tidak perlu ke Timika. Cukup secara online.

“Semua berkas KTP, KK, buku rekening itu di-scan atau difoto dan dikirim lewat WA atau email, kemudian kami lakukan pengecekan data base apakah yang bersangkutan ini sudah berhenti. Kalau sudah benar, kami sudah yakini, kami kontak ke perusahaan untuk konfirmasi betulkah peserta A sudah berhenti bekerja. Kalau sudah yakin langsung proses pembayaran,” terang Verry.

Model pelayanan ini lanjut Verry, akan dipatenkan. Sehingga peserta tidak perlu repot-repot ke kantor. Tapi cukup dari rumah saja yang penting punya fasilitas seperti handphone, email dan rekening yang aktif sudah bisa menerima layanan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Terkait HPN, sebenarnya dikatakan Verry setiap tahun ada kegiatan khusus seperti bazaar. Tapi karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka dilakukan secara sederhana. Pelanggan yang datang diberi merchandise spesial dari BPJAMSOSTEK Mimika.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *