oleh

BNNK Mimika Tangani Tiga Kasus Kepemilikan Narkotika

Sepanjang Bulan Januari Hingga Agustus Tahun 2020

Dalam kurun waktu Bulan Januari hingga Agustus Tahun 2020, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, sedang menangani tiga kasus kepemilikan Narkotika golongan I.

Hal itu diungkapkan Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling, SH MH yang ditemui wartawan, Senin (7/9) lalu di Grand Tembaga Hotel di Jalan Yos Sudarso.

Kata dia, tiga kasus kepemilikan Narkotika golongan I itu yakni dua kasus kepemilikan Narkotika golongan I jenis sabu-sabu dan, dan satu kasus kepemilikan Narkotika golongan satu jenis tembakau sintetis.

“Dari tiga kasus ini, ada tiga tersangka yang semuanya laki-laki bahkan salah satunya masih anak remaja, yang merupakan tersangka kasus ganja sintetis. Dan menurut pengakuannya, dia sudah tiga kali memesan tembakau sintetis itu dari Jakarta, dan dibeli satu kantong itu harganya Rp 1 juta,”ujarnya.

Selanjutnya Kompol Mursaling menjelaskan, untuk Narkotika golongan I jenis tembakau sintetis, sudah beredar di Kabupaten Mimika sejak awal Tahun 2020.

“Khusus untuk tembakau sintetis sendiri, sudah masuk dan beredar di Timika sejak awal Tahun 2020. Dan kita sudah lakukan upaya penegakan hukum. Untuk modus operandinya, mereka pesan lewat online lalu dibawa masuk dari Jakarta ke Timika ini lewat salah satu jasa pengiriman barang,”jelas Kepala BNNK Mimika.

Sementara untuk pengguna dan pemakai Narkotika yang menjalani rehab di BNNK Mimika dalam Tahun 2020 ini, menurut Kompol Mursaling sekitar 10 orang.

“Jadi ada sekitar 10 yang rawat jalan, lalu yang dari TAT ada dua kali. Kemudian ada juga yang direhab itu atas laporan orang tuanya, karena anaknya menyalahgunakan tembakau sintetis itu. Mereka rata-rata pemakai, ada yang satu tahun, kemudian ada juga yang baru tiga bulan. Sistemnya kita lakukan rawat jalan selama delapan kali, satu minggu satu kali,”jelasnya. (tns)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *