oleh

Pemda Harapkan Percepatan Pengembangan Bandara

Pisah Sambut Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika\

Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, mengharapkan percepatan dalam pengembangan bandara baru Mozes Kilangin Timika. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam acara pisah sambut Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika dari pejabat lama, Ambar Soeryoko ke pejabat baru, Syamsuddin Soleman SE.

Acara ini digelar pada Kamis (10/9) kemarin ini dihadiri para pejabat, seperti Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MSi, Kepala AVCO Timika, Subagyo Hadidjaja, Kepala Kejaksaan Negeri Mimika, Mohamad Ridosan, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Anggit Budi Wibowo, SAP, Kapolsek KP3 Bandara Timika, Ipda Andi Batilu.

Pesawat yang melayani penerbangan ke pedalaman Mimika dan kabupaten tetangga saat terparkir di Bandara Mozes Kilangin.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan, meskipun masih menyisakan beberapa pekerjaan di Bandara Mozes Kilangin, menurutnya Ambar Soeryoko sudah cukup berprestasi dalam pembangunan bandara. Beberapa karyanya juga disebut sudah dikerjakan dengan baik.

“Yang paling utama, dia sudah membuat MoU dengan AVCO dan PT Freeport Indonesia. Terimakasih banyak sudah membuat itu jadi. Sehingga bandara ini bisa dibuka untuk umum dan didarati pesawat-pesawat komersil,” ungkapnya.

“Tapi masih ada sebenarnya pekerjaan yang belum diperlihatkan yakni pengerjaan terminal bandara yang baru. Harusnya itu sesuai rencana sudah terjadi pada Juni tahun lalu. Walaupun harusnya bisa beroperasi di level satu. Tapi belum berhasil. Tapi tidak apa-apa karena kebetulan ada pandemic Covid,” sambung Wakil Bupati John Rettob.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, harusnya ada satu maskapai lagi yang beroperasi di Timika yakni Lion Air. Dimana rute penerbangannya meliputi Timika – Manado untuk perjalanan pergi – pulang. “Dan ini harus jadi oleh pejabat baru pak Syamsuddin yakni operasikan terminal yang baru dan maskapai lain harus masuk,” jelasnya.

Sebelumnya, mantan Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Ambar Soeryoko dalam sambutan mengenang bagaimana dirinya ditugaskan ke Timika. Ia juga menyampaikan salah satu capaiannya yakni masuknya maskapai Batik Air pada Oktober 2019 lalu. Dimana hal ini merupakan salah satu dari program kerja 100 hari pasangan Omtob. “Lion juga berencana akan masuk dalam waktu dekat dengan rute Timika Manado PP. Ini akan semakin menumbuhkan Timika,” ungkapnya.

Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Syamsuddin Soleman SE menyampaikan potensi bandara di Timika besar. Namun ia menilai kondisi dan situasi di udara masih semrawut. Sehingga ia mohon dukungan agar ada penertiban. “Harapan saya Timika ini akan lebih baik daripada yang sekarang ini,” ungkapnya.

Dalam perkenalannya ia mengungkap, dirinya sudah lebih dari 40 Tahun berada di Papua. Sejak bangku sekolah SD – SMA semua dipastikan ditempuh di Papua. Ia juga mengaku mengenal Wakil Bupati John Rettob sejak lama. “Jadi saya mohon dukungan. Yang mana intinya kita mau kembangkan Timika jadi lebih baik dari yang lain,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *