oleh

Musda I DKTP Kabupaten Puncak Sepakati Gabriel Wakerkwa Sebagai Ketua

JAYAPURA – Dewan Kesenian Tanah Papua (DKTP) Kabupaten Puncak, menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I, dalam rangka memilih kepengurusan baru Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Puncak periode tahun 2020-2025.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Puncak, Drs Abraham Bisay, dilaksanakan di Hotel Yasmin Jayapura, Jumat (11/9) kemarin.

Dalam acara yang berlangsung sehari penuh tersebut, diikuti oleh pengurus dan anggota Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Puncak, yang akhirnya secara aklamasi kembali memilih Gabriel Wakerkwa, ST sebagai Ketua Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Puncak periode 2020-2025. Ini berarti dirinya akan melanjutkan jabatan ketua untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya dilantik menjabat ketua sejak 2015-2020.

Kegiatan Musda ini pun mendapat apresiasi dari Dewan Kesenian Tanah Papua Provinsi Papua, melalui wakil sekretarisnya, Pdt Wellem Mauri, STh yang hadir dalam Musda tersebut. Pdt Wellem menyampaikan, dengan dilakukan reorganisasi ini, maka Kabupaten Puncak memiliki hak untuk ikut dalam Musda Dewan Kesenian Tanah Papua tingkat provinsi, yang direncanakan akan digelar tahun ini juga.

Sekda Kabupaten Puncak, Drs Abraham Bisay mewakili Bupati Puncak berpesan agar dalam kepengurusan periode lima tahun ini, pimpinan yang baru dan anggota Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Puncak diminta terbuka dalam mengelola manajemen organisasi. Sehingga tidak ada kecurigaan dari anggota yang lain, dan harus mampu melibatkan semua anggota dalam kegiatan, untuk mengangkat potensi-potensi kesenian di Kabupaten Puncak.

Sebab seperti diketahui, Kabupaten Puncak memiliki nilai budaya, tradisi, alam yang cukup tinggi, namun belum dikelola dengan baik.

“Sekecil apapun kegiatan kita harus terbuka, baik dana hibah, sehingga pengurus dan anggota percaya kita. Dengan demikian kegiatan kita bisa optimal dan mendapat kepercayaan dari masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Musda, Yakob Magai yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak mengatakan, Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kabupaten Puncak siap bekerja sama dengan Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Puncak. Sebab untuk membangun potensi budaya dan wisata di Kabupaten Puncak membutuhkan orang-orang Puncak, yang paham dan tahu akan nilai seni dan tradisi di Kabupaten Puncak.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Puncak periode 2020-2025, Gabriel Wakerkwa, ST mewakili kepengurusan sebelumnya, menyampaikan bahwa dalam kepemimpinannya lima tahun sebelumnya, sudah banyak kegiatan yang dibuat untuk mengangkat potensi seni di Kabupaten Puncak, sekaligus membawa nama baik Kabupaten Puncak, baik tingkat Provinsi dan Nasional.

Meski demikian dirinya mengakui masih ada kekurangan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk menjalankan program yang lebih baik lagi kedepan, guna mengangkat potensi seni dan budaya di kabupaten dengan elevasi tertinggi di Indonesia ini.

“Saya sampaikan terima kasih untuk pemerintah daerah, terutama Pak Bupati, yang selama ini membantu dan melihat kita. Tanpa pemerintah kami tidak bisa jalan sendiri. Kedepan kita akan membuat yang lebih baik lagi, guna mengangkat potensi-potensi seni yang ada di Kabupaten Puncak,” ujarnya.(kominfo puncak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *