oleh

Suku Kapawe Imamukawe Kukuhkan Danbrigif Letkol Inf Edy Widyanto Jadi Anak Adat

Komandan Brigif-20 Ima Jaya Keramo/3 Kostrad, Letkol Inf Edy Widyanto diangkat sebagai anak adat Suku Kapawe Imamukawe. Acara pengukuhan anak adat tersebut dilakukan di Kampung Kadun Jaya, KM 10, Sabtu (12/9) dengan pemberian topi adat yang diberikan anak Kapawe dan didampingi Lembaga Masyarakat Adat Suku Kapawe.

Ketua Lembaga Adat Suku Kapawe, Elias Yawa menyampaikan, dengan diangkatnya Letkol Edy Widyanto sebagai anak adat maka ia berharap agar semua pihak bisa berjalan beriringan dengan TNI-Polri yang ada di Timika. Hal itu khususnya berkaitan dengan kerjasama ke depan, dalam pembangunan Mimika termasuk dalam hal kedamaian.

“Kami semua akan bangga dan senang, apabila di antara mama ini ada melahirkan anak seperti ini, untuk bisa melihat daerah kami yang selama ini terpinggirkan. Hak kami pun dia akan bicara dan terarah dengan baik,” ujarnya.

Kepala Kampung Kaugapu sekaligus tokoh adat Kapawe Imamukawe, Saferius Kapirapu dalam sambutannya menyatakan, Letkol Edy Widyanto diberikan nama leluhur Makum Pinawiwaw. Istri dari Letkol Edy Widyanto juga diberi nama adat yakni Motako.

“Jadi nama leluhur ini yang saya kasih nama, adalah pelurus sejarah Kaugapu di empat arah mata angin,” jelasnya.

“Tanah Bumi Wania ini juga mendengar bahwa anak yang kita hormati ini, untuk membuka mata kami supaya juga turut membuka kesejahteraan masyarakat Suku Kapawe Imamukawe,” sambung Saferius.

Komandan Brigif 20/3 Kostrad, Letkol Inf Edy Widyanto menyatakan dirinya sebagai anak mengucapkan terimakasih kepada adat. Ia merasa terhormat bisa diangkat dan dikukuhkan sebagai anak adat.

“Besar harapan anak dapat berinteraksi, bergaul dan saling menjaga antara anak dan keluarga, prajurit Brigif 20 Kostrad serta masyarakat yang ada di sini khususnya Suku Kapawe, Kaugapu, Mapurujaya,” ungkapnya.

“Saya sebagai anak dan keluarga pastinya akan menjaga sekuat tenaga agar suku dapat makmur di tanah Kamoro ini. Dan dapat menikmati seluruh yang ada. Saya akan berusaha sebaik mungkin dan semaksimal mungkin untuk menjaga dengan nama Makum Pinawaw,” tutupnya.

Pengukuhan anak adat ini digelar dengan pemberian topi adat oleh beberapa mama dari Suku Kapawe, dengan didampingi Kepala Suku Kapawe, Bernardus Yawa. Letkol Edy Widyanto kemudian mendapat penambahan nama Yawa di belakang, sehingga menjadikan namanya sebagai Edy Widyanto Yawa. Kedatangannya ke tempat acara juga disambut dengan Tarian Tauri khas Suku Kapawe.

Acara ini juga dihadiri sejumlah pimpinan TNI di Timika seperti Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi, Dansatrad 243 Timika, Letkol Lek Adi Siswanto, Danyonif 754 ENK Kostrad, Letkol Inf Dodi Nur Hidayat, Danramil 1710-07 Mapurujaya, Kapten CPL Markus Helaha serta sejumlah tamu undangan lainnya. (dcx)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *