oleh

Calon Penumpang Kapal Harus Mengantongi SIKM Dan Rapid Test

TIMIKA – Calon penumpang yang hendak berangkat ke beberapa rute di wilayah Indonesia Timur menggunakan kapal Tatamailau, diwajibkan oleh PT Pelni Cabang Timika untuk melengkapi Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) dan surat rapid test.

Pemberlakuan surat rapid test dan SIKM ini dilaksanakan sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran Covid-19 melalui jalur perjalanan transportasi laut.

Untuk rute kapal dari Timika ke beberapa kabupaten di Papua lainnya seperti Kabupaten Kaimana, Fak fak, Sorong, Tual, Tidore dan Bitung, para calon penumpangnya harus mengantongi surat rapid test dan SIKM sebelum mendapatkan layanan keberangkatan ke kabupaten tujuan.

Dari pantauan di lapangan, berdasarkan informasi tujuan keberangkatan dengan kapal Tatamailau, direncanakan akan tiba di Timika pada 21 September. KM Tatamailau datang dari Kabupaten Merauke dan selanjutnya akan berlayar ke beberapa kota di wilayah Indonesia Timur lainnya.

Pelni Cabang Timika diketahui juga mewajibkan para calon penumpang untuk menyertakan surat rapid test untuk beberapa kota yang akan disinggahi. Bahkan calon penumpang juga diwajibkan untuk mengurus SIKM dan disertakan dengan KTP tujuan daerah asalnya.

Seperti diketahui, apabila dalam pengurusan tidak ada beberapa syarat tersebut, maka calon penumpang tidak akan dilayani.

Di masa pandemi Covid-19 ini, PT Pelni juga membatasi pembelian tiket untuk calon penumpang ke berbagai daerah tujuan di wilayah Indonesia Timur. Pembatasan tiket hanya sampai 100 orang.
Masih berdasarkan pantauan Radar Timika, setiap calon penumpang yang membeli tiket tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *