oleh

Jenazah Florida Diautopsi

Jasad Florida Letsoin yang telah dimakamkan beberapa minggu lalu, pada Senin (14/9) kemarin diautopsi. Pembongkaran makam dan autopsi jasad Florida, dilakukan guna mengetahui penyebab pasti meninggalnya almarhumah yang sempat diduga gantung diri di sekitar rumahnya. Proses autopsi  dipimpin langsung  oleh dokter forensik dari Markas Besar Polri, Kompol dr Edi Saputra Hasibuan, SpF. Proses autopsi dilakukan di tempat Florida dimakamkan, yakni di TPU SP 1.

Pemeriksaan yang memakan waktu lebih dari tiga jam tersebut, juga dihadiri oleh pihak keluarga almarhumah Florida serta tim pengacara keluarga korban, yakni Valentinus Ulahayanan, SH dan Yoseph Temorubun, SH. Hadir pula Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto, KBO Reskrim Polres Mimika, Iptu Andi Suhidin dan KBO Satuan Sabhara Polres Mimika, Iptu Rannu.

Tampak dari jauh proses autopsi Florida Letsoin sedang dilangsungkan.

Keluarga Tunggu Hasil

Kompol dr Edi Saputra Hasibuan menjelaskan, autopsi yang dilakukan adalah pemeriksaan mayat di bagian luar maupun dalam. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah ada luka-luka maupun tanda-tanda kekerasan lainnya pada tubuh korban. Dimana adakah tanda-tanda tersebut berhubungan dengan kematiannya ataukah tidak. “Kalau soal indikasi, nanti tanyakan ke penyidiknya,” katanya singkat.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto mengungkapkan, hasil autopsi tidak bisa terungkap saat ini juga. Namun pada Selasa (15/9), pihaknya akan membuat berita acara pemeriksaan terkait Kompol Dr Edi yang memimpin autopsi. “Nanti di BAP dulu kan. Memang belum bisa dapat hasilnya. Karena harus ada hasil keterangannya baru saya bisa sampaikan. Besok kan di BAP,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, pihak keluarga korban yang diwakili penasihat hukumnya, Valentinus Ulahayanan menyatakan apresiasinya kepada tim yang melakukan autopsi karena telah bekerja dengan baik. Hingga hasil dari autopsi terungkap, ia menyatakan akan siap menunggunya. “Kita semua berbesar hati untuk menunggu penyidikan akhir sampainya untuk dibawa ke laboratorium forensik. Karena kita bukan ahli di bidang itu,” ujarnya.

“Artinya ini kan hanya dokter yang akan meneliti di laboratorium forensik. Sehingga kita harus tunggu hasil akhir,” sambung Valen.

Katanya, penyampaian yang sempat diterimanya dari tim yang melakukan autopsi ialah hal yang biasa. “Dugaannya masih biasa. Tapi kita diminta untuk bersabar dan menunggu hasilnya dari laboratorium forensik. Karena ini kan sampelnya dibawa kesana. Dan disampaikan tadi hasilnya ada dua minggu baru datang,” ungkap Valen.

Penasihat hukum keluarga korban lainnya, Yoseph Temorobun menambahkan, pada prinsipnya kuasa hukum dan keluarga almarhumah Florida menyerahkan seluruh hasil proses autopsi di kepada pihak Polres Mimika dan Mabes Polri. Sehingga ia berharap ada hasil yang terbaik dari hasil autopsi.

“Hasil autopsi ini akan sangat ditunggu-tunggu keluarga korban dan seluruh tim hukum maupun keluarga besar almarhum dalam melihat hasil yang akan dipublikasikan tim dari Mabes Polri,” lanjut Yosep. (dcx)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *