oleh

Pembangunan Terfokus di Kota, Wabup: Mimika Ada 18 Distrik

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika merupakan yang tertinggi di Papua. Dengan nilai yang cukup besar menurut Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM seharusnya bisa menjangkau semua wilayah di Mimika.

Wabup Rettob ketika memimpin apel pagi di Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (14/9) lalu menyatakan selama ini program pembangunan hanya terfokus pada lima distrik yang ada di seputaran Kota Timika. Sementara distrik yang ada di pedalaman belum tersentuh. “Mimika ada 18 distrik. Jangan hanya fokus di lima distrik,” tegasnya.

APBD yang nilainya triliunan menurut Wabup Rettob sangat besar. Menurutnya dengan dana yang besar harusnya masyarakat bisa merasakan adanya pembangunan dan bisa lebih maju. Bukan hanya yang ada di kota tapi juga d pedalaman.

Ia menyoroti program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hanya belum memberdayakan masyarakat. Bahkan kata Wabup, ada pejabat di Mimika yang tidak tahu Potowayburu kampung paling barat di Mimika dan Alama kampung yang berada di pegunungan. “Tapi lorong kecil di Jakarta tahu,” geramnya.

Mulai tahun depan memasuki dua tahun kepemimpinan OMTOB, Wabup meminta seluruh OPD agar dalam menyusun program mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah ditetapkan.

Pemerataan pembangunan ditegaskan Wabup merupakan salah satu visi dan misi pemerintah pada masa kepemimpinan Bupati Eltinus Omaleng, SE MH dan dirinya sebagai Wakil Bupati. Sehingga ia meminta keseriusan dari seluruh OPD untuk mewujudkannya.

Selain itu Wabup Rettob juga mengharapkan seluruh OPD menciptakan pemerintahan yang berwibawa, transparan dan akuntabel. Dimana seluruh perangkat mulai dari pejabat sampai staf harus menjadi orang yang berdedikasi. Punya integritas dan memiliki inovasi dalam bekerja. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *