oleh

Disdukcapil Jempol Adminduk di Atuka

TIMIKA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berada di Atuka, Distrik Mimika Tengah selama empat hari untuk melaksanakan pelayanan jemput bola atau Jempol Adminduk. Layanan sudah dilakukan sejak Kamis (17/9) dan akan berlangsung sampai Minggu (20/9) besok.

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo kepada Radar Timika melalui telepon, Jumat (18/9) mengatakan adanya program Mimika Smart City dimana di Atuka sudah dibangun BTS sebagai sarana telekomunikasi termasuk internet, maka fasilitas itu dimanfaatkan untuk pelayanan kependudukan bagi masyarakat.

Semua layanan kata Slamet bisa diakses darimanapun karena berbasis online. Bahkan layanan e-KTP tidak hanya sebatas rekam, tapi langsung dicetak di Atuka dan diserahkan langsung kepada warga.

“Ini tidak pernah terjadi sebelumnya,” kata Slamet.

Masyarakat diungkapkan Slamet sangat antusias dan berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang sudah menghadirkan layanan sehingga masyarakat kini bisa memiliki dokumen kependudukan tanpa harus ke Kantor Pusat Pemerintahan.

Melihat antusias masyarakat, Disdukcapil bahkan harus membuka layanan hingga tengah malam hampir pukul 23.00 WIT. Itupun harus dihentikan pada pukul 23.00 WIT karena listrik harus dimatikan pada pukul 00.00 WIT sebagaimana jadwal biasanya. Layanan dari pagi sampai sore pukul 18.00 WIT, Disdukcapil menggunakan genset sendiri. Nanti pukul 18.00 WIT baru menggunakan listrik PLN.

Pada hari pertama dibukanya layanan, Disdukcapil melayani 106 akte kelahiran, 38 kartu keluarga, perekaman e-KTP 20, pencetakan e-KTP 81 dan Kartu Identitas Anak (KIA) ada 42. Masyarakat dari beberapa kampung sekitar juga berdatangan berkesempatan mendapatkan layanan baik dari Timika Pantai, Kekwa dan Aikawapuka.

Slamet menyatakan, ini merupakan salah satu implementasi visi misi Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera.

“Kini semakin lebih dirasakan nyata oleh masyarakat Mimika, khususnya adanya program Mimika Smart City,” ujar Slamet.

Tahun 2021 mendatang, Disdukcapil Mimika beserta distrik pedalaman dan pesisir yang sudah terjangkau jaringan internet akan berkolaborasi dalam program PATEN atau Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan/Distrik khususnya di bidang kependudukan dan catatan sipil seperti yang sudah berjalan di Distrik Mimika Timur dan Mimika Baru.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *