oleh

Kasus Covid-19 Bertambah, Tiga Pasien Probable Meninggal

Mimika nampaknya memasuki fase yang mengkhatirkan dalam penyebaran Covid-19. Kasus terus bertambah. Jumlahnya tidak sedikit. Setiap hari dilaporkan ada puluhan kasus baru. Parahnya lagi, angka kematian yang cukup rendah selama enam bulan kini mulai meningkat.

Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika sudah ada 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia. Tiga pasien meninggal dalam sehari pada Rabu (16/9). Padahal dalam enam bulan hanya 7 pasien yang meninggal.

Tidak hanya pasien terkonfirmasi, setidaknya ada 19 pasien probable Covid-19 yang meninggal dunia. Istilah probable digunakan bagi orang yang diyakini sebagai suspek dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) atau gagal nafas akibat aveoli paru-paru penuh cairan (ARDS) atau meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan Covid-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium real time PCR.

Tiga dari 19 pasien probable yang meninggal itu dilaporkan Kamis (17/9) kemarin. Dua diantaranya dirawat di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan satu pasien yang dirawat di RSUD Mimika.

Secara kumulatif kasus Covid-19 di Mimika sudah mencapai angka 1.096 setelah ada tambahan 32 kasus baru. Dimana 13 kasus dari Distrik Mimika Baru, 9 dari Portsite Distrik Mimika Timur Jauh, 6 Distrik Kuala kencana dan 4 Distrik Wania.

Penambahan kasus yang melonjak setiap hari menjadikan 4 distrik di seputaran Kota Timika termasuk Kuala Kencana masuk dalam zona merah. Untuk tingkat kelurahan ada 10 yang dalam kategori zona merah dan satu kampung.

Distrik Tembagapura yang selama ini terbilang parah malah mulai terkendali dan tersisa 8 kasus aktif sehingga sudah turun menjadi zona kuning. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *