oleh

SAR Pos Asmat Evakuasi Penumpang Kapal Bocor

Alami Kebocoran di Bagian Buritan

BASARNAS Timika melalui Pos SAR Asmat, kembali melakukan evakuasi sejumlah penumpang kapal yang mengalami kebocoran di bagian buritan. Kapal KLM Adi Utama yang penumpangnya dievakuasi, sedianya berangkat dari Timika menuju Agats. Namun terhalang karena kebocoran di bagian buritan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury SIP, Senin (21/9) pagi menjelaskan, kapal tersebut dikabarkan mengalami kebocoran, di bagian buritan pada sekitar pukul setengah Sembilan malam. Kapal KLM Adi Utama itu membawa sejumlah bahan material bangunan, yang dinilai cukup banyak dan hendak ke Agats, Kabupaten Asmat.

“Di dalam sendiri ada sekitar delapan penumpang. Namun hanya empat orang atau setengahnya saja yang bersedia dievakuasi ke Asmat. Sedangkan sisanya memilih bertahan di kapal,” ujarnya.

Proses evakuasi sendiri dijelaskan berjalan dengan tim gabungan yang diterjunkan sejumlah lima orang. Di mana empat diantaranya merupakan personel Pos SAR Asmat dan satu orang dari TNI AL setempat. Tim gabungan tersebut mengevakuasi menggunakan satu unit RIB 400 PK.

“Tim berangkat pukul 20.57, dan baru bisa tiba di lokasi hampir satu setengah jam kemudian, tepatnya pukul 22.25 malam,” jelasnya.

Selain itu, tim gabungan pertolongan tersebut kemudian menghubungi agen kapal untuk membantu evakuasi. Di mana dijelaskan, kapal yang mengalami kebocoran kapal di bagian buritan tersebut, kemudian diupayakan untuk diperbaiki dengan cara menyedot air menggunakan pompa. Sedangkan kondisi mesin kapal dipastikan masih hidup.

“Hanya karena ada kebocoran sehingga kapal bertahan karena ada mesin pompa. Pihak agen membantu dengan sebuah speedboat 85 PK, dengan membawa dua mesin pompa air. Sampai Senin pagi ini, kami masih memantau kapal supaya bisa aman bersandar di Agats,” ungkapnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *