oleh

DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor

*Wabup: Jangan Takut Melapor Jika Ada Kasus
TIMIKA – Tingginya kasus kekerasan anak di Timika mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika membentuk Forum Anak. Forum yang dibentuk sejak Tahun 2017 ini didorong menjadi pelopor dan pelapor dalam menyikapi berbagai isu yang berkaitan dengan anak.

Dengan melibatkan pelajar yang merupakan perwakilan dari beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Mimika, dilakukan sosialisasi pada Kamis (24/9) di Grand Tembaga Hotel oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM yang hadir membuka kegiatan menekankan, bahwa hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat pemerintah dan negara.

Pemerintah kata Wabup Rettob, berkomitmen memenuhi hak anak sebagaimana amanat konstitusi. Komitmen ini diperkuat dengan melibatkan peran anak Indonesia yang tergabung dalam forum anak yang menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak.

Forum anak yang keanggotannya dari berbagai kelompok anak menjadi wadah pemenuhan hak partisipasi yang diharapkan bisa berperan dan berkontribusi langsung dari anak-anak agar dapat berperan sebagai pelopor dan pelapor.

“Kalau ada masalah yang berkaitan dengan anak maka forum ini harus siap melakukan sosialisasi dan melaporkan jika ada kejadian. Jangan takut melapor jika ada kasus. Biasanya ada kasus tapi takut melaporkan,” ujar Wabup Rettob.

Forum Anak akan menjadi wadah partisipasi anak dan media untuk mendengar serta menyuarakan aspirasi, pendapat juga harapan anak dalam proses pembangunan di Kabupaten Mimika. Upaya seperti ini lanjut Wabup harus terus dilakukan oleh semua pihak untuk mengintegrasikan program kegiatan yang responsif baik dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan.

“Dengan adanya Forum Anak di Mimika maka sudah seharusnya peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor menjadi agent of change atau agen perubahan dalam pembangunan di Kabupaten Mimika,” tutup Wabup Rettob.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *