oleh

Sanksi Bagi Pelanggar Aturan Protokol Kesehatan Harus Jelas

MASYARAKAT harus diberikan sanksi jika melanggar aturan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Hal ini harus diberlakukan, mengingat angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Mimika semakin bertambah.

Namun, untuk penerapan sanksi terhadap masyarakat yang abai akan protokol kesehatan, harus sesuai dengan kesepakatan beberapa pihak terkait dari pemerintah, Forkompinda.

Anggota Komisi C DPRD, Samuel Bunay saat ditemui Radar Timika, Rabu (23/9) mengungkapkan, jika penerapan aturan protokol kesehatan ini dilakukan, guna menjaga keselamatan banyak orang dari dampak pandemi covid-19.

Untuk masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 ini, kata Samuel, memang harus berdasarkan evaluasi bersama untuk menentukan nominal yang harus diberikan oleh pelanggar.

“Bila perlu berikan sanksi namun harus berdasarkan evaluasi bersama, itu harus dibicarakan bersama. Jangan ambil kebijakan sendiri” ujarnya.

Politisi Partai Perindo ini mengungkapkan dengan kesepakatan bersama, upaya pencegahan covid-19 ini, harus dipatuhi oleh semua masyarakat. Masyarakat sebutnya harus sadar akan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19 di Timika.

Pihaknya tambah Samuel, juga sangat mendukung upaya razia penggunaan masker yang kini sedang dilakukan oleh tim gabungan, di beberapa ruas jalan dan lampu-lampu merah di seputaran kota Timika.

Selain itu, untuk anggaran pencegahan Covid-19 kata Samuel, juga harus benar-benar difokuskan untuk dinas teknis yang benar-benar melakukan kegiatan yang dimaksud. Anggaran ini menurutnya jangan diberikan kepada dinas teknis, yang tidak secara langsung mengurusi masalah pencegahan Covid-19.

“Anggaran untuk pencegahan covid ini harus diberikan kepada dinas teknis yang memang turun langsung pada kegiatan ini, agar terarah dan tidak tumpang tindih,” pungkas Samuel. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *