oleh

Pemprov Batal Lantik Carateker Bupati 9 Kabupaten

Pemerintah Provinsi Papua mendadak batal melantik sejumlah carateker bupati pada 9 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada Desember mendatang. Pembatalan ini menyusul belum adanya surat keputusan dari Kementrian Dalam Negeri untuk para carakteker yang akan menjabat.

Tidak turunya surat keputusan ini membuat, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal agak kecewa, pasalnya para pejabat yang akan dilantik telah siap, namun karena belum adanya surat keputusan dari Kementrian Dalam Negeri membuat pelantikan terpaksa ditunda.

“Hari ini  kita sudah seharusnya mengukuhkan carateker Bupati untuk 11 Kabupaten yang akan mengadakan pilkada pada Desember nanti, tapi SK belum sampai pada provinsi, kita jadi terpaksa kita tunda dulu, sampai SK datang,” ujar Wagub Klemen saat memberikan sambutan dalam pelantikan penjabat Sekda Papua, di Gedung Negara Jayapura, Jumat (25/9).

Sekedar diketahui, dalam pelaksanaan pilkada serentak di Provinsi Papua, akan dilakukan pada 11 kabupaten, yakni  Yahukimo Asmat,  Supiori,  Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya,  Waropen,  Nabire,  Yalimo,  Keerom,  Merauke dan Boven Digul.

Diantara 11 Kabupaten tersebut, hanya tiga daerah yang kepala daerahnya tidak ikut kembali dalam proses pilkada yakni, Kabupaten Nabire, Merauke, dan Mamberamo Raya, sementara Sembilan lainnya terdiri dari para petahana.

Komisi pemilihan umum (KPU) Papua juga sudah menetapkan 31 bakal pasangan calon, hanya tiga Bapaslon yang belum ditetapkan, yakni dua di Kabupaten Keerom dan satu di Yahukimo,  adapun rinciannya meliputi, Keerom satu pasangan, Supiori lima pasangan, Waropen empat pasangan, Nabire tiga pasangan, Asmat dua pasangan, Boven Digoel empat pasangan, Merauke tiga pasangan, Yahukimo satu pasangan, Mamberamo Raya empat pasangan,  Pegunungan Bintang dua pasangan dan Yalimo dua pasangan. (rasor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *