oleh

Para pengunjung di Diana Supermarket yang patuh menggunakan masker.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH resmi menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Perbup itu diterbitkan 22 September 2020 itu, secara detail memuat mekanisme pengawasan hingga sanksi yang diberlakukan. Dimana setiap orang wajib menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Masker wajib dipakai saat berada di luar rumah, berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya dan ketika mengunakan kendaraan bermotor.

Bagi pelaku usaha wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun yang mudah diakses dan memenuhi standar atau penyediaan cairan pembersih tangan. Melakukan skrining dan pemantauan kesehatan bagi setiap orang yang akan melakukan aktivitas di luar rumah. Upaya pengaturan jaga jarak. Pembersihan dan disinfeksi lingkungan secara berkala, penegakan disiplin atasa perilaku masyarakat yang berpotensi menularkan atau tertular.

Dalam Pasal 8 Perbup tersebut diatur sanksi yang dikenakan bagi pelanggar. Dimana setiap orang yang tidak menggunakan masker akan dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama satu jam atau 60 menit. Sanksi dilaksanakan oleh Satpol PP didampingi TNI dan Polri. Pelanggar juga akan didata.

Sementara bagi pelaku usaha atau perkantoran, perhotelan hingga dunia industri harus menerapkan batasan kapasitas pegawai maksimal 25 persen di area tempat kerja. mewajibkan pekerja menggunakan masker.

Pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggungjawab perkantoran, tempat kerja, tempat usaha, tempat industry, perhotelan atau penginapan yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan masyarakat maka dikenakan sanksi administrative berupa penutupan sementara selama 2×24 jam. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *