oleh

Antusias WP Bayar Pajak Cukup Tinggi

TIMIKA – Antusias masyarakat sebagai Wajib Pajak (WP) untuk melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak di Kabupaten Mimika cukup tinggi. Hal ini bisa terlihat dari pelayanan pajak keliling door to door yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di seputaran Distrik Wania pada hari ke dua, Jumat (2/10).

Kepala Bidang (Kabid) Pajak pada Bapenda Mimika, Joel Daniel Lukuhai mengatakan pelayanan pajak keliling ini dilaksanakan untuk semua jenis pajak, mulai pajak hotel, restoran, air tanah dan hiburan.

Para WP dengan adanya terobosan pelayanan door to door ini kata Joel, diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk membayar pajaknya. Bahkan dari program ini, para WP sebutnya sangat antusias dan langsung menghubungi pihak Bapenda untuk melakukan penjemputan ke rumah dan tempat usaha yang bersangkutan.

“Mereka (WP) antusias sekali. Malah tadi malam ada yang telepon, pak besok bisa ke tempat saya. Jadi launching satu hari ada yang langsung telepon, jadi kita ambil tadi itu juga berdasarkan telepon yang tadi malam,” papar Joel.

Semua objek pajak baik yang belum membayar maupun yang mempunyai tunggakan pajak sebut Joel, ditagih semua. Pihaknya sendiri melakukan penagihan pada bulan berjalan seperti tanggal 1-15 pada bulan September ditagih pada Oktober.

Penagihan langsung di tempat WP ini kata Joel, dilaksanakan juga guna memberikan kemudahan pada para WP di tengah penerapan aturan protokol kesehatan.

“Jadi kita memberikan kemudahan kepada masyarakat di tengah Covid-19 ini, dengan terobosan baru menagih ke rumah-rumah, warung, tempat hiburan, door to door,” jelas Joel.

Pihaknya kata Joel, akan bekerja melaksanakan program ini selama satu bulan baru kemudian dilaksanakan evaluasi apakah akan dilaksanakan berdasarkan teknis per tanggal atau menyeluruh sampai jatuh tempo di tanggal 15.

Pelayanan pajak keliling yang dimulai dari Distrik Wania pada tanggal 1-5, di Distrik Mimika Baru tanggal 6-10 dan tanggal 11-15 di distrik-distrik lainya seperti Distrik Kuala Kencana dan Mimika Timur.

Adapun realisasi peneriman pajak door to door dari hari ke dua dari 9 WP sebesar Rp 42.234.326 yang semuanya adalah pajak restoran.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *