oleh

DPMPTSP Jamin Urus Izin Tidak Lama

TIMIKA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus berupaya meningkatkan layanan untuk menciptakan iklim perizinan yang baik demi mendorong pengembangan investasi di Mimika.

Beberapa inovasi layanan sudah dihadirkan termasuk pengurusan izin secara online. Untuk penguatan layanan, DPMPTSP melakukan bimbingan teknis bagi para pegawai. Bimtek ini digelar beberapa hari lalu di Jakarta dan diikuti beberapa pegawai.

Sekretaris DPMPTSP Mimika, Beatriks Pademme, SS MSi yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/10) kemarin mengatakan pada bimtek fokus pada manajemen penanaman modal dan pelayanan satu pintu. Bagaimana perlakuan terhadap masyarakat dan jaminan kepastian.

Beatriks mengatakan Presiden sudah menetapkan beberapa arah program prioritas diantaranya pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplikasi regulasi, birokrasi dan transformasi informasi.

Ini yang diimplementasikan oleh DPMPTSP Mimika dalam memberikan jaminan kepastian kepada dunia usaha dari sisi perizinan. Sudah beberapa tahun, Pemda Mimika menerapkan pelayanan terpadu satu pintu sebagai bagian dari simplikasi regulasi dan reformasi birokrasi.

Dimana tujuan pelayanan terpadu satu pintu untuk mewujudkan perlindungan kepastian hukum kepada masyarakat, memberikan akses yang lebih luas untuk memperoleh pelayanan prima dan meningkatkan kemudahan berusaha dan daya saing dalam daerah.

“Sasarannya terwujudnya PTSP yang cepat, mudah, transpran, pasti, terangkau, profesional dan berintegrasi,” ujarnya.

DPMPTSP ditegaskan Beatriks terus berupaya memudahkan pengurusan perizinan. Hanya saja dalam pengurusan masih dibutuhkan adanya peran OPD teknis yang punya kewenangan mengeluarkan rekomendasi. Jika rekomendasi sudah ada maka DPMPTSP langsung menerbitkan izin yang prosesnya hanya dalam tiga hari.

“Jadi tergantung jenis pajak. Karena ada jenis pajak yang rekomendasinya bisa sampai 14 hari oleh OPD teknis. Tapi ketika rekomendasi itu sudah ada dan sampai di PTSP maka langsung diterbitkan izinnya,” tegasnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *