oleh

Pemerintah Pusat Diminta Rampungkan Jalan Trans Papua di Kabupaten Puncak

TIMIKA – Pemerintah pusat diminta membantu menyelesaikan pembangunan Jalan Trans Papua di Kabupaten Puncak, yang saat ini sudah hampir rampung. Infrastruktur berupa jalan yang menghubungkan antar distrik di Kabupaten Puncak, maupun dengan kabupaten lain, memiliki peran yang sangat vital bagi perekonomian warga setempat.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Puncak, Lukius M Newegalen, SIP saat menyambangi redaksi Di’s Way Radar Timika, Kamis (1/10). Menurut Lukius, saking pentingnya sarana transportasi tersebut, pihaknya turun langsung membantu pembangunan dengan membuat jembatan darurat dan perbaikan beberapa ruas jalan yang saat ini sudah mulai bagus.

“Kami lembaga DPRD berinisiatif melakukan terobosan dari bulan April sampai Juli lalu, kami sudah buat jembatan darurat dan jalan sudah sampai di Gunung Meja. Jalan itu sudah bagus sekali. Truk dan mobil sudah tidak tertanam. Karena kami turut membantu melakukan terobosan yang luar biasa,” ujar Lukius.

Namun demikian, sambung Lukius, menyelesaikan seluruh jalan Trans Papua tersebut membutuhkan campur tangan pemerintah, khususnya pemerintah pusat. Karena itu Lukius berharap pemerintah pusat membantu menyelesaikan pembangunan jalan tersebut dengan jalan permanen pada tahun ini juga. Dan beberapa wilayah yang diharapkan sudah bisa tembus, salah satunya ke Beoga.

“Tujuan saya menempatkan terminal umum di Gunung Meja, di atas, karena untuk melihat tempat tanah lahir di Beoga. Kemudian dilanjutkan ke wilayah Dapil III di Sinak. Itu juga saya pernah usulkan untuk jembatan yang besar,” ungkapnya.

“Ada beberapa kilometer yang belum diselesaikan, sekarang ini DPRD khususnya Komisi B, dalam dua bulan ini sudah menyelesaikan. Jadi kita tinggal menunggu dana bantuan dari pusat lagi untuk dibuat jalan permanen. Jangan jalan lumpur karena masyarakat tidak mau. Masyarakat mau sekali itu harus Dapil III Sinak, ekonomi harus berputar. Artinya masyarakat bisa ambil dan bawa makanan dari kota. Demikian juga yang dari Beoga. Juga sebaliknya masyarakat dari Kota Ilaga bisa bawa makanan dan makan di Sinak, Beoga dan lainnya, sehingga perputaran ekonomi terjadi,” sambung dia.

Harapan agar pemerintah menyelesaikan jalan Trans Papua di Puncak dengan jalan permanen, lanjut Lukius, juga menjadi aspirasi atau keinginan masyarakat Puncak yang disampaikan langsung kepada dirinya.

“Masyarakat maunya itu. Sehingga saya selaku Ketua DPRD Kabupaten Puncak mengusulkan secara lisan untuk pemerintah pusat tolong perhatikan jalan Trans Papua ini yang tinggal penyelesaian beberapa kilometer. Sebab jalan sudah masuk. Dari Intan Jaya sudah masuk ke Beoga. Di Puncak juga. Sekarang kita tinggal tunggu permanen saja,” tukasnya.(ale)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *