oleh

9 Wajib Pajak Restoran di Wania Bayar Pajak Rp 42 juta

TIMIKA-Tim Bapenda Keliling sudah beberapa hari mendatangi wajib pajak dalam rangka pelayanan pembayaran pajak secara door to door. Dimulai dari Distrik Wania sejak (1/10) lalu, sejumlah wajib pajak memanfaatkan layanan itu untuk membayar pajak tanpa harus ke kantor.

Termasuk sembilan wajib pajak yang dikunjungi tim Bapenda Keliling pada Jumat (2/10) lalu. Berdasarkan laporan Kepala Bidang Pajak pada Bapenda Mimika, Joel Daniel Luhukay bahwa kesembilan wajib pajak itu semuanya membayar pajak restoran yang totalnya mencapai Rp 42.234.326.

Dua hari pelayanan, wajib pajak yang terjangkau baru beberapa. Pada hari pertama beberapa wajib pajak yang sudah didatangi dengan total pajak Rp 43.128.228. Itu terdiri dari beberapa jenis pajak yakni pajak hiburan, pajak restoran, pajak parkir dan pajak air tanah.

Layanan masih akan dilanjutkan hari ini sekaligus hari terakhir di wilayah Distrik Wania. Tim Bapenda berupaya agar seluruh wajib pajak bisa terlayani. Meskipun saat pelaksanaan ada beberapa kendala terutama waktu. Pasalnya satu wajib pajak bisa membayar beberapa jenis pajak sehingga membutuhkan waktu lama.

Selanjutnya mulai besok hingga sepekan kedepan layanan terfokus di wilayah Distrik Mimika Baru mulai 6-10 Oktober. Selanjutnya pada 11-15 Oktober untuk wilayah Distrik Mimika Timur dan Kuala Kencana.

Joel Daniel mengatakan sistem perhitungan pajak sekarang menerapan self assessment dimana wajib pajak menghitung pajak sendiri sesuai dengan pendapatan. Ia mengakui pandemi membuat pendapatan usaha menurun tapi ditegaskannya pula bahwa itu tidak selalu menjadi alasan apalagi pemerintah sudah menerapkan new normal dan tempat hiburan diizinkan beroperasi.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *