oleh

Laporan Kasus Malaria Di Puskesmas Timika Belum Terintegrasi

TIMIKA-Kepala Puskesmas Timika, dr Moses Untung mengatakan luas wilayah kerja Puskesmas Timika cukup luas, dan terdapat sejumlah Fasilitas Kesehatan (Faskes) baik klinik dan dokter praktek. Namun untuk laporan jumlah kasus malaria belum terintegrasi hingga saat ini.

Untuk itulah, Puskesmas Timika hingga saat ini belum mengetahui secara pasti jumlah kasus malaria yang ditangani, lantaran banyak mitra baik klinik swasta dan dokter praktek tidak melaporkan data kasus malaria.

“Kami jelaskan kemarin, memang angka malaria yang berkunjung di Puskesmas itu sebenarnya belum menggambarkan angka malaria yang sebenarnya,” ujar dr Moses.

Lanjutnya, kedepan masalah integrasi laporan terkait kasus malaria akan melibatkan pihak klinik dan dokter praktek, sehingga ada data pasti kasus malaria untuk wilayah Puskesmas Timika.

Dijelaskannya, selama ini kasus malaria yang ditangani oleh klinik-klinik ada, namun di4simpan untuk laporan tahunan. Juga untuk data perbandingan jumlah kasus malaria dari tahun ke tahun.

“Kedepan akan melibatkan teman-teman dokter praktek dan klinik swasta, supaya data jumlah kasus malarianya secara wilayah bisa tergambarkan,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *