oleh

Bupati Omaleng: Saham 7 Persen itu Tidak Gratis

TIMIKA – Aksi sekelompok masyarakat yang menuntut pembagian saham masih terus dilakukan dengan berbagai cara. Pertemuan dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH membahas saham PT Freeport Indonesia juga belum menjawab keinginan masyarakat.

Menurut Bupati Omaleng ketika ditemui di Gedung DPRD usai menghadiri rapat paripurna, Jumat (9/10) kemarin bahwa masyarakat masih terus menuntut karena salah paham dengan pembagian saham.

“Sebetulnya saham itu tidak dimengerti oleh mereka punya pikiran. Saya sudah katakan bahwa 51 persen itu benar-benar milik pemerintah,” katanya.

Termasuk 7 persen yang merupakan bagian untuk Kabupaten Mimika. Bupati Omaleng mengatakan proses divestasi itu juga dilakukan secara profesional. Pemerintah tidak mendapatkan secara cuma-Cuma tapi harus dibeli. “PTFI tidak kasih gratis kepada pemerintah. Itu pemerintah beli dengan pemerintah punya uang,” tegasnya.

Untuk itu ia berharap masyarakat harus memahami hal itu. Bupati bahkan sudah mengundang tokoh masyarakat secara langsung beberapa hari lalu untuk sosialisasi. Namun Bupati menyayangkan, masih ada kelompok yang ngotot.

Pemda Mimika sebagai pemilik 7 persen saham PTFI kata dia juga tetap menyertakan modalnya ke badan usaha yang dibentuk Pemprov Papua. “Penyertaan modal ke provinsi Papua untuk pengurusan dokumen,” ujarnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *