oleh

Satgas Covid-19 Dibentuk, Anggaran Tunggu APBD P

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika sudah membubarkan Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 dah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Hanya saja untuk operasional, Pemda Mimika belum mengalokasikan anggaran.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH yang ditemui di Gedung DPRD Mimika, Jumat (9/10) kemarin mengatakan anggaran untuk Satgas dalam penanganan Covid-19 belum dialokasikan karena belum ada penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

Memang kata Bupati Omaleng, Surat Edaran dari Mendagri sudah turun untuk pembentukan Tim Satgas tapi dalam operasionalnya tentu membutuhkan anggaran. “Jadi kemarin saya kumpulkan tim anggaran, tapi kami belum tahu berapa. Kalau kelebihan ya kita bisa jalankan,” kata Bupati Omaleng.

Agar tidak membutuhkan anggaran yang besar, struktur Satgas Covid-19 akan lebih ramping dibanding Tim Gugus Tugas. Sebab menurut Bupati, semakin lebar strukturnya tentu membutuhkan anggaran yang lebih besar lagi. “Jadi kalau ikuti edaran menteri bisa sedikit karena operasional kecil,” tandasnya.

Penanganan Covid-19 di era new normal pun diungkapkan Bupati Omaleng akan tetap berjalan. Pemda Mimika juga perpanjang new normal agar ekonomi tetap hidup tapi bukan mengabaikan kesehatan. Jika hanya dengan pendekatan kesehatan maka ekonomi bisa kacau. Asalkan protokol kesehatan dijalankan secara disiplin oleh semua pihak baik perorangan maupun para pelaku usaha. “Kita harus jaga jarak. Barang ini (Covid-19) ada, jangan anggap remeh,” tegas Bupati Omaleng. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *