oleh

Generasi Papua harus Tingkatkan SDM untuk Sambut Pemekaran DOB

TIMIKA – Legislator DPRD Mimika, Julian Solossa menilai pentingnya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Mimika untuk menyambut pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB). Dalam rangka persiapan menuju pemekaran DOB dengan Kabupaten Mimika sebagai pusat pemekaran, maka dirasa perlu untuk mempersiapkan SDM yang mumpuni, untuk nantinya mengisi baik sistem pemerintahan maupun di berbagai sektor pendidikan, ekonomi swasta dan lainnya.

Julian Solossa, Sabtu (9/10) mengingatkan agar generasi muda Mimika terlebih khusus Warga Asli Mimika Suku Amungme dan Kamoro serta kekerabatan suku serta Orang Asli Papua untuk berlomba-lomba menimba ilmu.

Solossa mengatakan seharusnya semua pihak khususnya pemerintah bisa mempersiapkan generasi yang siap untuk menjalankan baik tata pemerintahan maupun sektor swasta, terutama industri yang akan menjadi andalan Kabupaten Mimika.

“Persiapan DOB harus diisi dengan generasi muda Mimika yang lebih matang dalam SDM-nya,” ujar Solossa.

Legislator asal PDI Perjuangan itu menambahkan, keberhasilan pembangunan daerah baru terletak pada kesiapan segala sumber dayanya, termasuk SDM.

Pendidikan menjadi jalan penting yang harus diambil untuk mempersiapkan SDM yang unggul dan berkarakter, yang siap membangun daerahnya menjadi lebih maju dan berkembang. Tidak hanya mengedepankan kepentingan pribadi, tapi mau bekerja segenap hati kemajuan daerah tercinta.

Direncanakan Mimika akan berkembang menjadi Kabupaten Mimika Barat, Kabupaten Mimika Timur dan Kotamadya Timika serta menjadi bagian dari Provinsi Papua Tengah. Diharapkan SDM dari Mimika dapat mengakomodir segala keperluan itu.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *