oleh

Masyarakat Tidak Gunakan Masker Disanksi Tegas

TIMIKA – Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang diakibatkan dari kurang kesadaran dari masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan, aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Sabtu (10/10) lalu melaksanakan penegakan protokol kesehatan.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK yang ditemui wartawan, Sabtu lalu di kantor Pelayanan Polres Mimika mengatakan, setelah dilakukan evaluasi terkait Covid-19, maka aparat gabungan melaksanakan penegakan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Hari ini (Sabtu-red) kita apelkan anggota untuk lebih memperketat penerapan prokotol kesehatan, dan yang abaikan protokol kesehatan maka kita akan tindak tegas. Contohnya apabila toko, warung, rumah makan atau tempat usaha lain tidak menerapkan protokol Covid-19, maka kita berikan teguran dan selanjutnya kita tutup sesuai aturan yang berlaku,”jelasnya.

Lebih lanjut kata AKBP Era, bahwa yang lebih berperan dalam kegiatan penegakan aturan protokol kesehatan di tengah masyarakat, adalah jajaran personel dari Satpol PP sementara personel TNI dan Polri tetap mendampingi dalam kegiatan tersebut.

“Tentunya yang di depan rekan-rekan satu Satpol PP, dan kita TNI dan Polri akan dampingi. Masyarakat yang belum patuhi protokol kesehatan, tetap kita tindak tegas sesuai dengan Peraturan Bupati yang sudah ada. Dengan harapan agar masyarakat ke depan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,”ucap Kapolres.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah, Dinas Satpol PP, Besor Pigai mengatakan  pihaknya melaksanakan penindakan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, tetap mengacu pada Perbup Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Jadi tidak lebih dari apa yang tertuang dalam Perbup itu. Jadi dua minggu ke depan ini kita lakukan bersama-sama dengan TNI, Polri, Dishub dan BPDB,”ucapnya.

Selanjutnya usai melaksanakan apel persiapan di kantor Pelayanan Polres Mimika, aparat gabungan kemudian langsung turun ke jalan dan melaksanakan kegiatan penegahan protokol kesehatan. Di mana rute yang dilalui yakni Jalan Cenderawasih, Jalan Yos Sudarso, Hasanuddin, Budi Utomo.

Selama kegiatan berlangsung, terdapat beberapa oknum masyarakat yang ditemukan tidak menggunakan masker, dan langsung diberikan sanksi tegas berupa push up. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *