oleh

Pemekaran Kampung Ditunda Tahun Depan

“Tidak ada anggaran lagi, sudah dialihkan. Jadi kegiatan pemekaran baru dilanjutkan Tahun 2021,” jelas Petronela.

TIMIKA – Bukan hanya pemekaran distrik dan kelurahan yang tertunda, rencana pemekaran kampung juga mengalami nasib yang sama. Prosesnya pun baru dilanjutkan Tahun 2021 mendatang. Itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Mimika, Petronela Adelce Uamang ketika ditemui di Gedung DPRD Mimika, Senin (12/10) kemarin.

Petronela mengatakan penundaan itu terjadi karena anggaran untuk tahapan pemekaran kampung mengalami refokusing dan realokasi untuk penanganan Covid-19. Sehingga terpaksa rencana itu ditunda hingga tahun depan. “Tidak ada anggaran lagi, sudah dialihkan. Jadi kegiatan pemekaran baru dilanjutkan Tahun 2021,” jelas Petronela.

Penundaan menurut Petronela bukan berarti pemekaran kampung yang sudah direncanakan beberapa tahun sebelumnya tidak terealisasi. Itu tetap dilanjutkan Tahun 2021 mendatang. DPMK juga tetap menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan dalam rangka penetapan kampung persiapan.

Petronela juga menyatakan, meski ditunda namun tidak ada lagi tambahan usulan kampung baru. Tetap mengacu pada usulan tahun lalu dan sudah melalui tahap verifikasi. Ia menyebut calon kampung persiapan untuk dimekarkan mencapai puluhan. Meskipun usulan ada ratusan tapi tidak semuanya diakomodir. Sebab ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sehingga usulan dari masyarakat ada yang belum diakomodir. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *