oleh

Bagian SDM Diharap Bisa Akomodir Pemulangan Ratusan Mahasiswa ke Kota Studi

TIMIKA – Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Kabupaten Mimika diharapkan bisa mengakomodir pemulangan ratusan mahasiswa eksodus Timika ke kota studi. Ratusan mahasiswa yang sudah berada di Timika sejak setahun lalu ini, harus dikembalikan ke kota studi mereka agar dapat menyelesaikan kuliah.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi C DPRD, Elminus B Mom, Selasa (13/10). Dikatakan Elminus, Bagian SDM diharapkan dapat mencari jalan untuk mengembalikan para mahasiswa yang terpaksa kembali ke Timika karena adanya dugaan tindak rasis yang terjadi di Surabaya tahun lalu.

Bagian SDM sebut Elminus, harus berupaya mencari jalan agar para mahasiswa ini tidak berlarut-larut ada di Timika sehingga kuliah mereka terbengkalai.

“Bagian SDM mohon mencari uang untuk membiayai mereka (mahasiswa) ini kembalikan ke kota studi masing-masing,” ujar Elminus.

Lanjutnya, jika diabaikan maka para mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan hampir dua semester ini tentu dikhawatirkan akan menimbulkan gejolak sosial di Timika. Untuk itulah, ia berharap pemerintah bisa bijak dan membiayai kepulangan para mahasiswa ini ke tempat studinya masing-masing.

Dikatakan, pemerintah diharapkan tidak memberikan alasan lain dengan tidak memulangkan para mahasiswa ini.

“Saya harap tidak ada alasan apapun. Siapapun pemerintan wajib untuk bertanggungjawab kepada anak-anak putra daerah ini untuk difasilitasi. APBD ini mereka punya hak, maka saya berharap ini bisa difasilitasi untuk memulangkan mereka ke kota studi,” ungkap Elminus.

Mantan Ketua DPRD ini menyebutkan jika dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang Bagian SDM untuk berkoordinasi dalam penyelesaian masalah ini. Legislatif tambah Elminus berharap agar para mahasiswa ini harus diakomodir, agar mereka tidak melakukan tindakan lainnya yang tentu akan merugikan pemerintah.

“Wajib mereka dipulangkan, karena ada APBD ini, pemerintah punya tanggung jawab, saya juga akan undang Bagian SDM untuk koordinasi masalah ini,” imbuh Elminus.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *